Abstract:
SUMIATI, Pengaruh Metode Blended Learning Dibantu Aplikasi Chatbot
KANA pada Materi Sistem Pencernaan Manusia terhadap Hasil Belajar
Peserta Didik Kelas V di SD Negeri 09 Pontianak Timur Tahun Ajaran
2023/2024. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Peguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak.
2024.
Penggunaan teknologi dalam pendidikan akan memberikan sebuah
inovasi atau dampak yang baik pada sistem pembelajaran. Aplikasi chatbot
adalah salah satu teknologi canggih yang dapat digunakan dan membantu
meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Pada observasi awal, terdapat
informasi bahwa kelas A dan B memiliki kesulitan dalam belajar IPA dengan
rata-rata nilai pembelajaran IPA 65,2 dan 62,3 yang masih tergolong rendah.
Dengan masalah ini, peneliti bertujuan untuk memaparkan: 1) hasil belajar
pretest kelas kontrol 2) hasil belajar posttest kelas kontrol, 3) hasil belajar
pretest kelas eksperimen 4) hasil belajar posttest kelas eksperimen,5) Pengaruh
penerapan metode Blended Learning berbantuan aplikasi chatbot terhadap nilai
belajar peserta didik, 6) seberapa besar Pengaruh penerapan metode Blended
Learning dibantu aplikasi chatbot KANA terhadap nilai belajar peserta didik di
SD Negeri 09 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2023/2024.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Dengan
jenis penelitian Quasi Experimental dengan Design Pretest-Posttest Control
Group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 108 dari tiga kelas dan
Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V (A dan B)
yang berjumlah 73 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah Test, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan
adalah soal, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan
adalah analisis deskriptif dan uji hipotesis.
Berdasarkan analisis data diperoleh: 1) Nilai belajar pretest kelas
kontrol sebesar 31,62. 2) Nilai belajar posttes kelas kontrol sebesar 54,05, 3)
Nilai belajar pretest kelas eksperimen sebesar 45, 4) Nilai belajar posttes kelas
eksperimen sebesar 76,94, 5) terdapat pengaruh yang signifikan penerapan
metode blended learning dibantu aplikasi chatbot KANA, 6) Penerapan metode
blended learning dibantu aplikasi chatbot KANA memiliki pengaruh sebesar
8,5230.