Abstract:
Gita Vatmala, Perbandingan Prestasi Belajar Peserta Didik Materi Mengapa Bentuk Permukaan Bumi Berubah-Ubah Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing dan Model Inkuiri Bebas Kelas V di SDN 10 Sungai Kakap Tahun Pelajaran 2024/2025: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2025.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Prestasi belajar peserta didik pada materi mengapa bentuk permukaan bumi berubah-ubah di Kelas V SDN 10 Sungai Kakap Tahun Pelajaran 2024/2025 menggunakan model inkuiri terbimbing. 2) Prestasi belajar peserta didik pada materi mengapa bentuk permukaan bumi berubah-ubah di Kelas V SDN 10 Sungai Kakap Tahun Pelajaran 2024/2025 menggunakan model inkuiri bebas. 3) Perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar peserta didik pada materi mengapa bentuk permukaan bumi berubah-ubah di Kelas V SDN 10 Sungai Kakap Tahun Pelajaran 2024/2025 menggunakan model inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen berbentuk Quasi Exsperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VB dan VC. Teknik berupa observasi, pengukuran dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis instrumen, analisis deskriptif dan analisis komparasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Prestasi belajar peserta didik pada materi Mengapa Bentuk Permukaan Bumi Berubah-Ubah di Kelas V SDN 10 Sungai Kakap Tahun Pelajaran 2024/2025 menggunakan model inkuiri terbimbing 31,25 (pretest) dan 74,82 (posttest). 2) Prestasi belajar peserta didik pada materi Mengapa Bentuk Permukaan Bumi Berubah-Ubah di Kelas V SDN 10 Sungai Kakap Tahun Pelajaran 2024/2025 menggunakan model inkuiri bebas 44,29 (pretest) dan 71,07 (posttest). 3) Terdapat Perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar peserta didik materi Mengapa Bentuk Permukaan Bumi Berubah-Ubah di Kelas V SDN 10 Sungai Kakap Tahun Pelajaran 2024/2025 menggunakan model inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas berdasarkan hasil uji statistik menggunakan uji t mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0,042 yang lebih kecil dari alpha 0,05. Oleh karena itu Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikasi antara prestasi belajar peserta didik di Kelas V SDN 10 Sungai Kakap menggunakan model inkuiri terbimbing dengan nilai N-Gain Score 62,58% dan model inkuiri bebas dengan nilai N-Gain Score 47,98%.
Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Inkuiri Bebas, Prestasi Belajar