Abstract:
DEWI SUNNITA. Pengaruh Media Book Creator terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPAS Kelas V di SDN 29 Pontianak Kota Tahun Ajaran 2024/2025. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS, khususnya pada materi magnet. Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, maka dilakukan pembelajaran dengan menerapkan media book creator. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan: 1) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol yang tidak menerapkan media book creator pada materi magnet. 2) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang menerapkan media book creator pada materi magnet. 3) Pengaruh penggunaan media book creator pada materi magnet.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian eksperimen design dengan desain Cluster Sampling. Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas V di SDN 29 Pontianak Kota. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V B dan V C. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda, dokumentasi, dan observasi. Pembuktian Validitas menggunakan rumus Gregory dan diperoleh v=1,0. Estimasi Reliabilitas diketahui nilai Cronbach Alpha > rtabel yakni sebesar 0,904 > 0,215 dengan Tingkat reliabilitas “Reliabilitas Luar Biasa”. Teknik analisis berupa Uji Instrumen, Uji Deskriptif, Uji Prasyarat, dan Uji Hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik yang tidak menerapkan media book creator pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata pretest 32,56 dan nilai rata-rata posttest 83,48. 2) Hasil belajar peserta didik yang menerapkan media book creator pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata pretest 61,48 dan nilai rata-rata posttest 85,70. 3) Berdasarkan hasil uji Independent sample T-test pada hasil belajar peserta didik diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan effect size adalah sebesar 0,451282 dengan interprestasi 0,5. Jika dilihat dari tabel interprestasi nilai effect size 0,5 berpengaruh yaitu dengan kriteria sedang karena interprestasi 0,5 lebih besar dari 0,2 dan 0,5 lebih kecil dari 0,8. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, maka terdapat perbedaan penggunaan media book creator terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas V di SDN 29 Pontianak Kota.