Abstract:
Nurasmah Amanda, Pengaruh Model Kooperatif Tipe Team Games Tournamnet (TGT) Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Matematika Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 19 Pontianak Utara. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri Pontianak (IAIN), 2025.
Latar belakang dari penelitian ini yaitu hasil belajar matematika terutama materi pecahan masih rendah yang disebabkan kurangnya pemahaman mereka terkait materi yang diajarkan serta model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) belum pernah digunakan dalam pembelajaran tersebut. Tujuan Penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui hasil belajar peserta didik kelas IV pada kelas kontrol pada pembelajaran matematika SD Negeri 19 Pontianak Utara. 2) mengetahui hasil belajar peserta didik kelas IV pada kelas eksperimen menggunakan model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada pelajaran matematika SD Negeri 19 Pontianak Utara. 3) mendeskripsikan apakah penerapan pada model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada pelajaran matematika berdampak pada hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 19 Pontianak Utara.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas IV SD Negeri 19 Pontianak Utara yang berjumlah 66 peserta didik. Jenis sampel yang digunakan yaitu simple random sampling yang terdiri dari kelas A 23 peserta didik dan kelas B sebanyak 23 Peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes yaitu pilihan ganda (pretest-posttest), observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 19 Pontianak Utara pada kela kontrol dengan nilai rata-rata pre-test 45,65 sedangkan rata-rata post-test 57,61. 2) Hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 19 Pontianak Utara yang menggunakan model kooperatif tipe team games tournament (TGT) pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata pre-test 66,52 sedangkan rata-rata post-test 74,35. 3) uji independent sampel t tes nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,045 < 0,05 maka ada perbedaan signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen selanjutnya uji effect size S_spooled sebesar 20,39876 dengan rata-rata kelas ekperimen sebesar 74,35 dan rata-rata kelas kontrol sebesar 57,61 maka, d = 0,821 berdasarkan tabel interpretasi effect size menunjukkan terdapat pengaruh sebesar 79 % yang merupakan kategori large (tinggi) dalam model kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar pembelajaran matematik peserta didik kelas IV SD Negeri 19 Pontianak Utara.