Abstract:
Sonia Septiani, Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bagi Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPAS Kelas IV SDN 03 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2024 / 2025: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Pembelajaran di sekolah masih banyak mengandalkan pendekatan konvensional yang membuat peserta didik pasif, kurang antusias, dan kehilangan motivasi belajar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan wali kelas IV, ibu Eka Pratika, S. Pd, diketahui bahwa peserta didik cenderung kurang semangat, tidak berusaha maksimal dalam mengerjakan tugas, dan mengerjakannya secara asal meskipun guru sudah mengajar dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi belajar peserta didik sebelum dan setelah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share, serta pelaksanaan model tersebut pada mata pelajaran IPAS kelas IV SDN 03 Pontianak Timur. Menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian tindakan kelas, teknik yang digunakan yaitu dokumentasi, observasi, dan kuisioner, serta alat pengumpulan data menggunakan kamera handphone, lembar observasi, dan angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penggunaan model, motivasi belajar peserta didik mendapat nilai rata-rata 23,16 dengan ketuntatasan 63,33%. Setelah penggunaan model, terjadi peningkatan pada siklus I dengan nilai rata-rata 25,4 dengan ketuntasan 73,33%, pada siklus II sebesar 27,4 dengan ketuntasan 83,33%. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan motivasi belajar bagi peserta didik.