Penerapan Strategi Practice Rehearsal Pairs untuk Meningkatkan Keterampilan Peserta Didik dalam Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 04 Bunut Hulu Tahun Ajaran 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Aditya, Farninda
dc.contributor.advisor Rahmap, Rahmap
dc.contributor.advisor Resvan, Resvan
dc.contributor.author Sari, Kurnia Purnama
dc.date.accessioned 2025-06-11T08:33:56Z
dc.date.available 2025-06-11T08:33:56Z
dc.date.issued 2023-07-05
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6528
dc.description.abstract KURNIA PURNAMA SARI, Penerapan Strategi Practice Rehearsal Pairs untuk Meningkatkan Keterampilan Peserta Didik dalam Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 04 Bunut Hulu Tahun Ajaran 2022/2023. Keterampilan berbicara merupakan keterampilan menyampaikan pesan secara lisan, dapat dipastikan dalam aspek kehidupan tidak lepas dari kegiatan berbicara. Namun, berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan peserta didik kelas IV di SDN 04 Bunut Hulu kurang terampil dalam berbicara. Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan: 1) keterampilan peserta didik dalam berbicara di kelas IV SDN 04 Bunut Hulu 2) menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam berbicara 3) memaparkan peningkatan setelah stategi tersebut diterapkan 4) memaparkan data hasil keterampilan berbicara peserta didik sebelum dan setelah strategi tersebut diterapkan. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan dua siklus dengan subjek penelitan 8 orang peserta didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tes, observasi, wawancara dan dokumntasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif untuk untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil nilai tes untuk kerja. Penelitian ini juga menggunakan analisis data kualitatif untuk mendeskripsikan hasil observasi. Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) keterampilan berbicara peserta didik kurang, hal ini dibuktikan dengan nilai prasiklus peserta didik, dari 8 peserta didik ada 5 orang yang tidak terampil dalam berbicara, dilihat dari nilai peserta didik yang tidak mencapai KKM ≤ 75 dengan rata-rata tuntas 37,5 %. Ketidakterampilan peserta didik dalam berbica pada mata pelajaran bahasa Indonesia disebabkan oleh faktor eksternal dan internal. 2) Penerapan strategi practice rehearsal pairs dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik 3) Peningkatan keterampilan berbicara peserta didik dengan strategi ini dilihat dari hal ini dibuktikan dari ketuntasan nilai peserta didik pada silkus I yaitu 62,5 % ada 5 dari 8 peserta didik yang tuntas, pada sikulus II yaitu 87,5 % yang mana 8 orang peserta didik tuntas. 4) Keterampilan berbicara peserta didik meningkat dari prasiklus ke siklus I kemudian ke siklus II. Pada prasiklus keberhasilan 37,5 % , setelah diterapkan pada siklus I mengalami peningkatan 62,5 %, dan siklus II mengalami peningkatan 87,5 %. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi Practice Rehearsal Pairs en_US
dc.subject Keterampilan Berbicara en_US
dc.subject Bahasa Indonesia en_US
dc.title Penerapan Strategi Practice Rehearsal Pairs untuk Meningkatkan Keterampilan Peserta Didik dalam Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 04 Bunut Hulu Tahun Ajaran 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account