Abstract:
Peningkatan Keterampilan Membaca Siswa Menggunakan Strategi Directed Reading Thinking Activity Divariasikan dengan Media Gambar Cerita pada Pembelajaran Tematik Tema “Kewajiban dan Hakku” Subtema “Kewajiban dan Hakku di Sekolah” di Kelas III B SD Negeri 27 Pontianak Utara Tahun Pelajaran 2019/2020: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2020.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: Pertama, keterampilan membaca siswa sebelum penggunaan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) divariasikan dengan media gambar cerita. Kedua, penggunaan strategi DRTA divariasikan dengan media gambar cerita. Ketiga, keterampilan membaca siswa setelah penggunaan strategi DRTA divariasikan dengan media gambar cerita. Keempat, signifikasi peningkatan keterampilan membaca siswa sesudah menggunakan strategi DRTA divariasikan dengan media gambar cerita Pembelajaran Tematik Tema “Kewajiban dan Hakku” Subtema “Kewajiban dan Hakku di Sekolah” di Kelas III B Sekolah Dasar Negeri 27 Pontianak Utara Tahun Pelajaran 2019/2020.
Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas. Lokasi penelitian ini adalah di SD Negeri 27 Pontianak Utara dengan sumber data utamanya adalah siswa kelas IIIB. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, teknik pengukuran, dan teknik studi dokumenter dengan alat pengumpulan datanya adalah lembar obsevasi, tes dan mechanical/electronical device. Data yang didapat kemudian dianalisis menggunakan analisis instrumen, analisis deskriptif dan analisis perbandingan.
Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa: 1) Keterampilan membaca siswa sebelum digunakan strategi DRTA divariasikan dengan media gambar cerita masih sangat kurang (33,33%). 2) Proses penggunaan strategi DRTA divariasikan dengan media gambar cerita dimulai dengan membuat rencana pembelajaran beserta skenario tindakan yang kemudian dilaksanakan. Skenario mencakup langkah-langkah yang dilakukan oleh guru dan siswa sebagai upaya perbaikan. Pada siklus I pelaksanaannya belum optimal, karenanya dilanjutkan pada siklus II. Ketiga, keterampilan membaca siswa setelah menggunakan strategi DRTA divariasikan dengan media gambar cerita pada tes akhir siklus II mencapai ketuntasan secara klasikal (78,79%). Keempat, Terdapat peningkatan yang signifikan dalam hal keterampilan membaca siswa sesudah digunakannya strategi DRTA yang divariasikan dengan media gambar cerita pada Pembelajaran Tematik Tema “Kewajiban dan Hakku” Subtema “Kewajiban dan Hakku di Sekolah” di Kelas III B SD Negeri 27 Pontianak Utara Tahun Pelajaran 2019/2020.
Kata Kunci: Keterampilan Membaca, Strategi DRTA, Media Gambar Cerita.