Abstract:
TRIA AMANDA, Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Radec Pada Mata Pelajaran Ipas Kelas IV Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Sdn 34 Pontianak Selatan Tahun Pelajaran 2024/2025. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Hasil belajar IPA peserta didik kelas kontrol tanpa menggunakan model pembelajaran RADEC di SDN 34 Pontianak Selatan Tahun Ajaran 2024/2025; 2) Hasil belajar IPA peserta didik kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran RADEC di SDN 34 Pontianak Selatan Tahun Ajaran 2024/2025; 3) Pelaksanaan penggunaan model pembelajaran RADEC di SDN 34 Pontianak Selatan Tahun Ajaran 2024/2025; 4) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Radec Pada Mata Pelajaran Ipas Kelas IV Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Sdn 34 Pontianak Selatan Tahun Pelajaran 2024/2025.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitafif dengan jenis penelitian Quasy Experimen. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 3 kelas dengan sampel yang digunakan yaitu kelas IV B berjumlah 25 peserta didik dan kelas IV C berjumlah 26 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan nonequivalent control group yaitu membagi kelas menjadi dua kelompok, yakni kelas kontrol dan kelas eksperimen. Prosedur penelitian ini meliputi pretest, pemberian perlakuan, dan posttest. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu observasi, tes (pretest-posttest) dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini yaitu lembar observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan model pembelajaran RADEC pada mata pelajaran IPAS di kelas kontrol dengan nilai rata-rata pre-test sebesar 40,2 dan nilai rata-rata post-test sebesar 51,8; 2) Hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran RADEC pada mata pelajaran IPAS di kelas eksperimen dengan nilai rata-rata pre test sebesar 60 dan nilai rata- rata post test sebesar 76; 3) Persentase terlaksananya kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran RADEC adalah 100%; 4) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran RADEC terhadap hasil belajar IPA hal ini dibuktikan dengan diperolehnya hasil nilai sig (2-tailed) 0,002 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima.