Abstract:
Pariyah. Analisis Kesalahan-Kesalahan Mahasiswa Dalam Mendesain Modul Ajar IPAS Kelas IV: Studi Kasus. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Islam Negeri Pontianak, 2025.
Berdasarkan hasil analisis dokumen modul ajar mahasiswa PGMI angkatan 2021 pada modul ajar IPAS materi sistem peredaran darah pada manusia. Peneliti menemukan beberapa kesalahan serius yang dilakukan oleh mahasiswa diantaranya yaitu ketidaksesuaian pemilihan model pembelajaran dengan kegiatan pembelajaran, mencantumkan lembar kerja peserta didik namun tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dituliskan didalam modul ajar, tidak mencantumkan asesmen, glosarium, daftar pustaka, serta tidak mencantumkan materi ajar didalam modul ajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Mendeskripsikan kesalahan apa yang dilakukan mahasiswa dalam mendesain komponen informasi umum pada modul ajar IPAS kelas IV. 2) Mendeskripsikan kesalahan apa yang dilakukan mahasiswa dalam mendesain komponen kompetensi inti pada modul ajar IPAS kelas IV. 3) Mendeskripsikan kesalahan apa yang dilakukan mahasiswa dalam mendesain komponen lampiran pada modul ajar IPAS kelas IV.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data sekunder yang merupakan bahan primer berupa modul ajar. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan dokumentasi dan wawancara, teknik analisis data menggunakan langkah-langkah menurut Robert K. Yin yaitu deskripsi kasus, analisis banding dan pattern matching. Teknik keabsahan data menggunakan member check dan triangulasi sumber. Adapun dalam penelitian ini terdiri dari 1 informan ahli modul ajar dan 1 informan ahli evaluasi pembelajaran dan 5 mahasiswa PGMI angkatan 2021.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam mendesain komponen informasi umum pada modul ajar IPAS kelas IV yaitu terletak pada bagian identitas modul, profil pelajar pancasila, kompetensi awal, target peserta didik, model pembelajaran, serta sarana dan prasarana. 2) Kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam mendesain komponen inti pada modul ajar IPAS kelas IV yaitu terletak pada bagian asesmen, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, pengayaan dan remedial, refleksi pendidik dan peserta didik, pemahaman bermakna dan pertanyaan pemantik. 3) Kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam mendesain komponen lampiran pada modul ajar IPAS kelas IV yaitu terletak pada bagian glosarium, daftar pustaka, dan bahan bacaan atau materi pendidik dan peserta didik, dan Lembar Kerja Peserta Didik