Abstract:
KHOIRUNNISA, 12110023. Pengaruh Penggunaan Strategi Numbered Head Together (NHT) Divariasikan Media Kartu Soal Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPAS Di Kelas IV SDN 03 Pontianak Timur: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran IPAS masih tergolong rendah, dari jumlah keseluruhan yaitu 91 peserta didik, hanya 40% yang mencapai KKM, serta 60% dari mereka tidak mencapai KKM yang menunjukkan bahwa masih relative rendah.
Tujuan penelitian ini membahas mengenai: 1) Bagaimana hasil belajar kelas kontrol tanpa menggunakan strategi Numbered Head Together (NHT) divariasikan media kartu soal; 2) Bagaimana hasil belajar kelas eksperimen dengan menggunakan strategi Numbered Head Together (NHT) divariasikan media kartu soal; 3) Bagaimana pengaruh penggunaan strategi Numbered Head Together (NHT) divariasikan media kartu soal terhadap hasil belajar peserta didik mata Pelajaran IPAS kelas IV SDN 03 Pontianak Timur.
Pada penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang menggunakan desain Non-Equivalent Control group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel Purposive Sampling. Adapun jumlah sampel yang diteliti sebanyak 60 peserta didik, data hasil penelitian diperoleh berdasarkan dari nilai pre-test dan post-test peserta didik.
Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa: (1) berdasarkan hasil analisis uji-t dua sampel berpasangan dengan bantuan SPSS 26, diperoleh bahwa probabilitas Sig (2-tailed) 0,165 > dari 0,05, maka H0 diterima dan Ha ditolak. Dengan kata lain tidak terdapat perbedaan hasil belajar pre-test peserta didik; (2) berdasarkan hasil analisis uji-t dua sampel berpasangan dengan bantuan SPSS 26, diperoleh bahwa probabilitas Sig (2-tailed) 0,001 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain terdapat perbedaan hasil belajar post-test peserta didik. Hal ini sejalan bahwa strategi NHT mendorong peserta didik untuk aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Mereka tidak hanya mendengarkan penjelasan guru, tetapi juga berdiskusi, berbagi ide, dan menjelaskan konsep kepada teman sekelompoknya.; (3) berdasarkan hasil analisis uji-t dua sampel berpasangan dengan bantuan SPSS 26, diperoleh bahwa probabilitas Sig (2-tailed) 0,001 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain terdapat perbedaan hasil belajar pada peserta didik kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan perhitungan effect size diperoleh pengaruh sebesar 0,572 dengan interpretasi sedang (medium effect).