Abstract:
Putri Indah Meiiznillah, Perbandingan Prestasi Belajar Peserta Didik Materi Ada Apa Saja di Bumi Kita Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Bebas Kelas V di SDN 46 Sungai Raya Tahun Pelajaran 2024/2025: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Prestasi belajar peserta didik pada materi Ada Apa Saja di Bumi Kita di Kelas V SDN 46 Sungai Raya Tahun Pelajaran 2024/2025 menggunakan model inkuiri terbimbing. 2) Prestasi belajar peserta didik pada materi Ada Apa Saja di Bumi Kita di Kelas V SDN 46 Sungai Raya Tahun Pelajaran 2024/2025 menggunakan model inkuiri bebas. 3) Perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar peserta didik materi Ada Apa Saja di Bumi Kita di Kelas V SDN 46 Sungai Raya Tahun Pelajaran 2024/2025 menggunakan model inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen berbentuk Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VA dan VB. Teknik berupa observasi, pengukuran dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis instrumen, analisis deskriptif dan analisis komparasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Prestasi belajar peserta didik pada materi Ada Apa Saja di Bumi Kita di Kelas V SDN 46 Sungai Raya Tahun Pelajaran 2024/2025 menggunakan model inkuiri terbimbing 36,79 (pretest) dan 75,00 (posttest). 2) Prestasi belajar peserta didik pada materi Ada Apa Saja di Bumi Kita di Kelas V SDN 46 Sungai Raya Tahun Pelajaran 2024/2025 menggunakan model inkuiri bebas 46,25 (pretest) dan 71,79 (posttest). 3) Terdapat perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar peserta didik materi Ada Apa Saja di Bumi Kita di Kelas V SDN 46 Sungai Raya Tahun Pelajaran 2024/2025 menggunakan model inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas berdasarkan hasil uji statistik menggunakan uji t mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0,010 yang lebih kecil dari alfa 0,05. Oleh karena itu Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikasi antara prestasi belajar peserta didik di Kelas V SDN 46 Sungai Raya yang menggunakan model inkuiri terbimbing dengan nilai N-Gain Score 63,38% dan model inkuiri bebas dengan nilai N-Gain Score 50,02%.