Penerapan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Ekosistem kelas V di SDN 43 Dungun Perapakan Sambas

Show simple item record

dc.contributor.advisor AR, Eka Hendry
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.advisor Zurayah, Helva
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.author Misyari, Ety
dc.date.accessioned 2025-05-19T03:09:11Z
dc.date.available 2025-05-19T03:09:11Z
dc.date.issued 2024-01-22
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6388
dc.description.abstract ETY MISYARI, Penerapan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Ekosistem kelas V di SDN 43 Dungun Perapakan Sambas. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024. Penelitian ini untuk mendeskripsikan pertama hasil belajar peserta didik sebelum diterapkan metode pembelajaran Discovery Learning pada materi ekosistem kelas V di SDN 43 Dungun Perapakan Sambas. Kedua Langkah langkah penerapan model metode Discovery Learning pada pelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SDN 43 Dungun Perapakan Sambas. Ketiga untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik di kelas V SDN 43 Dungun Perapakan Sambas sesudah menggunakan metode Discovery learning pada materi ekosistem. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas V SDN 43 Dungun Perapakan yang berjumlah 35 peserta didik. Tahapan pada penelitian ini terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data mengunakan analisis deskriptif yang diolah dengan perhitungan rata-rata dan persentase. Berdasarkan analisi yang dilakukan maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik kelas V SDN 43 Dungun Perapakan Sambas sebelum diterapkan pembelajaran metode Discovery Learning peserta didik memperoleh nilai peresentase sebesar 31%. 2) Langkah-langkah penerapan metode Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SDN 43 Dungun Perapakan Sambas telah dilaksanakan 100%. Siklus I keterlaksanaan proses pembelajaran sebesar 46%, pada siklus II sebesar 91%. 3) Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem kelas V sesudah diterapkanya Metode Discovery Learning di SDN 43 Dungun Perapakan Sambas yaitu pada pra siklus ketuntasan klasikal peserta didik sebesar 31%, pada siklus I meningkat menjadi 46%, pada siklus II meningkat menjadi 91%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode en_US
dc.subject Discovery Learning en_US
dc.subject Ekosistem en_US
dc.title Penerapan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Ekosistem kelas V di SDN 43 Dungun Perapakan Sambas en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account