Abstract:
NURUL FEBRIANTI. Pengaruh Penggunaan Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia di MIS Al-Ikhwah Pontianak Kota Tahun Pelajaran 2024/2025. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Hasil belajar kelas kontrol tanpa menggunakan model inkuiri terbimbing pada materi sistem pernapasan manusia; (2) Hasil belajar kelas eksperimen dengan menggunakan model inkuiri terbimbing pada materi sistem pernapasan manusia; (3) Seberapa besar pengaruh pada penggunaan model inkuiri terbimbing pada materi sistem pernapasan manusia di MIS Al-Ikhwah Pontianak Kota Tahun Pelajaran 2024/2025.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimental design berupa nonequivalent control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah 2 kelas dan sampel juga 2 kelas dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik pengukuran (tes) dan teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar soal dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat normalitas dan uji statistik non-parameterik.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: (1) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol tanpa menggunakan Model pembelajaran inkuiri terbimbing menunjukkan rata-rata hasil post test yaitu sebesar 65.27; (2) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen setelah menggunakan Model pembelajaran inkuiri terbimbing mengalami peningkatan menjadi rata-rata hasil post test nya sebesar 77,67; (3) Terdapat pengaruh pada penggunaan Model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem pernapasan manusia di MIS Al-Ikhwah Pontianak Kota Tahun Pelajaran 2024/2025.