Abstract:
Rizka Safitri, Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika Kelas V Di SDN 39 Pontianak. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penggunaan media video pembelajaran berbasis aplikasi canva pada pembelajaran matematika pada materi keliling bangun datar peserta didik kelas V di SDN 39 Pontianak, 2) Hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika materi keliling bangun datar sebelum menggunakan media video pembelajaran berbasis aplikasi canva kelas V di SDN 39 Pontianak, 3) Hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika materi keliling bangun datar setelah menggunakan media video pembelajaran berbasis aplikasi canva kelas V di SDN 39 Pontianak, 4) Mengetahui signifikansi pada penggunaan media video pembelajaran berbasis aplikasi canva terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika materi keliling bangun datar kelas V di SDN 39 Pontianak.
Penelitian ini menggunakan desain quasi-eksperimental design tipe non equivalent control group design. Populasi penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas V A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media video pembelajaran berbasis aplikasi canva dan kelas V B sebagai kelas kontrol yang tidak menggunakan media video pembelajaran berbasis aplikasi canva. Lokasi penelitian ini dilakukan di SDN 39 Pontianak yang beralamat di jalan Gusti Hamzah no.44 Kota Pontianak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melalui uji instrumen, analisis statistik deskriptif dan uji prasyarat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan media video pembelajaran berbasis aplikasi canva pada pembelajaran matematika materi keliling bangun datar telah terlaksana dengan dengan baik. 2) Hasil belajar peserta didik yang belum menggunakan media video pembelajaran berbasis aplikasi canva pada kelas kontrol masih tergolong rendah dengan nilai rata-rata Pretest 38,80 dan nilai rata-rata Posttest 62,04. 3) Hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media video pembelajaran berbasis aplikasi canva pada kelas eksperimen mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata Pretest 42,68 dan nilai rata-rata Posttest 79,24. 4) Berdasarkan hasil uji independent sample t-test kelas eksperimen bahwa didapatkan nilai signifikan sebesar 0,020 < 0,05. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, maka terdapat pada penggunaan media video pembelajaran berbasis aplikasi canva terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika kelas V di SDN 39 Pontianak