Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan
model pembelajaran discover learning pada siswa pada tema III benda disekitarku dikelas III di
SD 21 Tangnga-tangnga Tahun Pembelajaran 2023/2024. Masalah dalam penelitian ini hasil
belajar siswa rendah dilihat dari nilai siswa yang belum mencapai KKM, siswa juga kurang aktif
dalam proses pembelajaran karena pembelajaran masih berpusat pada guru. Penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 22 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan
10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil
penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada tema Benda di Sekitarku
di kelas III SD Negeri 21 Tangnga-Tangnga. Pada siklus II hasil observasi guru meningkat menjadi
90% (baik sekali) dan hasil observasi terhadap kegiatan siswa juga meningkat menjadi 80 (baik
sekali). Dengan demikian diperoleh simpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran
Discovery Learning terjadi peningkatan terhadap hasil belajar siswa pada tema Benda di
Sekitarku di kelas III SD Negeri 21 Tangnga-Tangnga Tahun Pembelajaran 2023/2024.