| dc.contributor.author | Habaridota, Maha Lastasa Buju Basafpipana | |
| dc.contributor.author | Hasrinengsi, Hasrinengsi | |
| dc.date.accessioned | 2025-05-07T03:34:04Z | |
| dc.date.available | 2025-05-07T03:34:04Z | |
| dc.date.issued | 2025-05-07 | |
| dc.identifier.uri | https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6311 | |
| dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran discover learning pada siswa pada tema III benda disekitarku dikelas III di SD 21 Tangnga-tangnga Tahun Pembelajaran 2023/2024. Masalah dalam penelitian ini hasil belajar siswa rendah dilihat dari nilai siswa yang belum mencapai KKM, siswa juga kurang aktif dalam proses pembelajaran karena pembelajaran masih berpusat pada guru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 22 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada tema Benda di Sekitarku di kelas III SD Negeri 21 Tangnga-Tangnga. Pada siklus II hasil observasi guru meningkat menjadi 90% (baik sekali) dan hasil observasi terhadap kegiatan siswa juga meningkat menjadi 80 (baik sekali). Dengan demikian diperoleh simpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning terjadi peningkatan terhadap hasil belajar siswa pada tema Benda di Sekitarku di kelas III SD Negeri 21 Tangnga-Tangnga Tahun Pembelajaran 2023/2024. | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | IAIN Pontianak | en_US |
| dc.subject | hasil belajar | en_US |
| dc.subject | model pembelajaran discovery learning (DL) | en_US |
| dc.title | Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Tema Benda Di Sekitarku Di Kelas III Sekolah Dasar | en_US |
| dc.type | Article | en_US |