Abstract:
Nurul Faradiba, Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis RADEC Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPAS Kelas V Di MIS Nurul Muslimin Tahun Pelajaran 2024/2025: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan: 1) ketuntasan hasil belajar sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis RADEC pada materi “Daerah Ku Kebanggaanku” kelas V. 2) langkah-langkah penggunaan model pembelajaran berbasis RADEC pada materi “Daerahku Kebanggaanku” kelas V. 3) ketuntasan hasil belajar setelah menggunakan model pembelajaran berbasis RADEC pada materi “Daerahku Kebangganku” kelas V. 4) peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran berbasis RADEC pada materi “Daerahku Kebanggaanku” kelas V di MIS Nurul Muslimin tahun pelajaran 2024/2025.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V A MIS Nurul Muslimin dan sampel penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik kelas V A pada mata pelajaran IPAS di MIS Nurul Muslimin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa analisis deksriptif yaitu mencari mean dan persentase hasil belajar.
Berdasarkan analisis yang dilakukan maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa: 1) Ketuntasan hasil belajar sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis RADEC adalah 40%. 2) langkah-langkah penggunaan model pembelajaran RADEC sudah terlaksanana sebesar 100% baik pada siklus I maupun siklus II. 3) Ketuntasan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran berbasis RADEC padas siklus I sebesar 60% dan pada siklus II sebesar 85%. 4) terdapat peningkatan hasil belajar pada pra siklus sebesar 40% menjadi 60% pada siklus I dan 85% pada siklus II.