Abstract:
STEFFANI SEPTI DIMAYANTI, Hasil Belajar IPAS Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V di SDN 29 Sungai Raya. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Hasil Belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS materi sistem pernapasan manusia kelas V di SDN 29 Sungai Raya Tahun Pelajaran 2024/2025. 2) Apa saja faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik kelas V di SDN 29 Sungai Raya Tahun Ajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Tempat penelitian ini dilakukan di SDN 29 Sungai Raya. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang didapat dari guru dan peserta didik. Adapun data sekunder didapat dari file dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Alat pengumpul data adalah lembar observasi, lembar wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan member check
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) Hasil belajar IPAS di kelas V sudah baik, peserta didik terlihat lebih aktif dan fokus serta hasil belajarnya baik diatas kriteria ketuntasan minimal khususnya pada pelajaran IPAS materi sistem pernapasan manusia. (2) Faktor hasil belajar peserta didik di SDN 29 Sungai Raya terdapat faktor internal dan faktor eksternal.