PENGGUNAAN MEDIA SCRAPBOOK UNTUK MENINGKATKAN MINAT MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS III DI SD MUHAMMADIYAH RASAU JAYA TAHUN AJARAN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hidayat, Moh. Yusuf
dc.contributor.advisor Muthmainnah, Fitri
dc.contributor.advisor Sahrani, Sahrani
dc.contributor.advisor Resvan, Resvan
dc.contributor.author Febrianti, Indah Ayu
dc.date.accessioned 2025-02-06T04:35:38Z
dc.date.available 2025-02-06T04:35:38Z
dc.date.issued 2025-01-22
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5939
dc.description.abstract INDAH AYU FEBRIANTI, 12110086. Penggunaan Media Scrapbook Untuk Meningkatkan Minat Membaca Peserta Didik Kelas III di SD Muhammadiyah Rasau Jaya Tahun Ajaran 2024/2025. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2025; Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan 1) minat membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebelum menggunakan media scrapbook pada peserta didik kelas III di SD Muhammadiyah Rasau Jaya Tahun Ajaran 2024/2025; 2) Minat membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia setelah menggunakan media scrapbook pada peserta didik kelas III di SD Muhammadiyah Rasau Jaya Tahun Ajaran 2024/2025; 3) Peningkatan minat membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media scrapbook pada peserta didik kelas III di SD Muhammadiyah Rasau Jaya Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur yang digunakan ada empat tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Minat membaca peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebelum diterapkan media scrapbook di SD Muhammadiyah Rasau Jaya sebesar 27 dengan kategori rendah. Hal ini disebabkan karena sebelum diterapkan media scrapbook peserta didik belum memiliki motivasi yang kuat untuk membaca. Kemudian media dalam menyampaikan bacaan kurang interaktif, sehingga kegiatan membaca terasa membosankan; 2) kemampuan peserta didik dalam minat membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sesudah adanya media scrapbook di SD Muhammadiyah Rasau Jaya pada siklus I sebesar 63 dalam kategori cukup sedangkan pada siklus II sebesar 68 dalam kategori tinggi; 3) Terdapat peningkatan kemampuan peserta didik dalam minat membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebelum dan sesudah menggunaan media scrapbook di SD Muhammadiyah Rasau Jaya. Peningkatan minat membaca dari siklus I dengan jumlah 12 peserta didik memperoleh nilai ratarata 63,41 dan pada siklus II nilai peserta didik sebesar 67,86 dinyatakan kategori tinggi. Selisih peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 27,2% dan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 22,8%. Hal ini disebabkan karena setelah menggunakan media scrapbook pembelajaran lebih efektif sehingga membuat peserta didik menjadi antusias untuk mengikuti pembelajaran. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Media Scrapbook en_US
dc.subject Bahasa Indonesia en_US
dc.subject Minat Membaca. en_US
dc.title PENGGUNAAN MEDIA SCRAPBOOK UNTUK MENINGKATKAN MINAT MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS III DI SD MUHAMMADIYAH RASAU JAYA TAHUN AJARAN 2024/2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account