Abstract:
NUR ADILAH. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning
(PjBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Di
SD BAWAMAI Pontianak Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar di Sd Bawamai yang
belum mencapai nilai kkm yang ditentukan yaitu 60-77. Dalam pelaksanaan
pra survey peneliti mendapatkan hasil observasi yang menunjukan banyak
peserta didik yang merasa bosan dengan model pembelajaran yang diterapkan
oleh guru dengan model RCH mata pelajaran ipas tersebut. Dalam penelitian
ini peneliti menggunakan model pembelajaran Project Based learning.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Hasil belajar peserta
didik yang tidak menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL)
pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SD BAWAMAI Pontianak tahun ajaran
2024/2025. 2) Hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran
Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SD
BAWAMAI Pontianak tahun ajaran 2024/2025. 3) Pengaruh penggunaan model
pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar peserta didik
pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SD BAWAMAI Pontianak tahun ajaran
2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian
eksperimen semu dengan desain Nonequivalent control group design. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD BAWAMAI
Pontianak. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IVA sebanyak 33 peserta didik
sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebanyak 32 peserta didik sebagai kelas
kontrol. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
untuk mengumpulkan data adalah teknik tes dan teknik dokumentasi. Alat
pegumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pilihan ganda (pre
test dan post test) dan dokumentasi. .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik kelas
kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran Project Based Learning
(PjBL) masih tergolong rendah, dengan nilai rata-rata pre test 68,12 dan nilai ratarata post test 78,12. 2) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang
menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) adanya
peningkatan, dengan nilai rata-rata pre test 68,78 dan nilai rata-rata post test 92,12.
3) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning
(PjBL) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SD
BAWAMAI Pontianak tahun ajaran 2024/2025.