Abstract:
DIVA ZAHWA RACHELLY, Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning dibantu Alat Peraga Tehadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Pembelajaran IPAS di SDN 09 PONTIANAK BARAT : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Hasil belajar peserta didik di kelas V C (kontrol) pada pembelajarn IPAS materi Sistem pernapasan pada manusia. 2)Langkah-langkah model discovery learning 3) Hasil Belajar peserta didik di kelas
5 D (eksperimen) pada pembelajaran IPAS materi Sistem pernapasan Pada manusia. 4) pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Sistem pernafasan pada manusia.
Penelitian ini mengguanakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah ekperimen jenis Quasi Experimental dengan bentuk rancangan nonequivalent control group design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas 5 SDN 09 Pontianak Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 09 Pontianak Barat. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas 5 C (kontrol) dan 5 D (eksperimen). Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi,dokumentasi.Instrumen di uji dengan menggunakan validitas isi. Data yang diperoleh selanjutnya di uji menggunakan analisa data menggunakan uji statistik deskriptif. uji prasyarat yaitu uji normalitas, homogenitas, dan mann whitney. Adapun uji hipotesis untuk melihat pengaruh model discovery learning menggunakan uji effect size.
Berdasarkan hasil pengolahan data dapat dibuktikan bahwa: 1) Hasil Belajar di kelas kontrol pada saat pretest memperoleh rata-rata 38 dan pada saat posttest memperoleh rata-rata 65. 2) Langkah-langkah discovery learning terlaksana dengan baik 3) Hasil Belajar di kelas eksperimen pada saat pretest memperoleh rata-rata 35 dan pada saat posttest memperoleh rata-rata 82. 4) Hasil uji hipotesis bahwa terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan hasil uji effect size sebesar 2,347. Jadi berdasarkan penelitian artinya penerapan model discovery learning di kelas eksperimen memberikan pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS.