Abstract:
NANDA PRATIWI, Pengaruh Model Talking Stick Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPAS Kelas V MIN 3 Pontianak Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2025.
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V di MIN 3 Pontianak , pada pembelajaran IPAS. Nilai kelas VA terdapat 38% peserta didik nilainya sudah mencapai KKTP, selebihnya 72% peserta didik nilainya masih belum mencapai KKTP. Pada kelas VB 47% peserta didik nilainya sudah mencapai KKTP, dan 11 peserta didik dengan presentase 23% nilainya masih belum mencapai KKTP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model talking stick berbantuan media question box terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajarn IPAS.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain posttest only non equivalent group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, pengukuran, dan teknik dokumentasi. Alat Pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Hasil belajar peserta didik pada materi bunyi dan sifatnya tanpa meggunakan model talking stick berbantuan media question box diperoleh hasil belajar rata-rata sebesar 77,36 dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 57,8%. 2) Hasil belajar peserta diidk pada materi bunyi dan sifatnya yang menggunakan model pembelajaran talking stick berbantuan media question box di diperoleh hasil belajar rata-rata sebesar 90,79 dengan presentase kenyuntas belajar sebesar (100%). 3) Langkah-langkah model talking stick berbantuan media question box terlaksanakan 100% 4) Terdapat pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran talking stick berbantuan media question box berbantuan media question box terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS Kelas V di MIN 3 Pontianak tahun ajaran 2024/2025 dengan hasil analisis dari uji man whitney diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang mengartikan bahwa 0,000 < 0,05 maka Ho di tolak dan Ha diterima, berarti terdapat penggaruh yang signifikan antara hasil belajar post-test kelas kontrol dan eksperimen pada materi bunyi dan sifatnya.