Abstract:
ELA HARIANI 12010151, Penerapan Strategi Student Teams Achievement berbantuan Video Tutorial untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak Dasar Tari Dayak di SDN 01. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024.
Penelitian ini di latar belakangi masalah Peserta didik di kelas IV SDN 01 Tayan hilir memiliki nilai keterampilan di bawah KKM, Hal ini dikeranekan pembelajaran praktik yang diterapkan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: Pertama, keterampilan dasar peserta didik sebelum diterapkan Strategi pembelajaran Student Teams Achievement Divisional. Kedua, langkah-langkah penerapan Strategi Student Teams Achievement Divisional. Ketiga, keterampilan dasar peserta didik sesudah diterapkan Strategi Student Teams Achievement Divisional (STAD). Keempat, peningkatan keterampilan dasar peserta didik sebelum dan sesudah diterapkan Strategi Student Teams Achievement Divisional.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas Objek penelitiaan ini peserta didik kela IV dengan subjek penelitian berjumlah 16 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan analisis data, disimpulkan: Pertama, Keterampilan dasar peserta didik sebelum menerapkan strategi pembelajaran Student Teams Achievement Divisional (STAD) nilai keterampilan peserta didik yang tuntas hanya 12% dari jumlah keseluruhan 16 peserta didik dengan nilai rata rata 5,9. Kedua, Langkah-langkah penerapan strategi pembelajaran Student Teams Achievement Divisional (STAD) mencakup: (1) Menetapkan materi yang diajarkan (2) Menyusun RPP (3) Menyiapkan media pembelajaran berupa video tutorial (4) Menyusun instrumen tes (5) Menyusun format observasi. Ketiga, Keterampilan dasar peserta didik sesudah diterapkan Strategi Pembelajaran Student Teams Achievement Divisional memperoleh nilai keterampilan persentase ketuntasan sebesar 93% dengan rata-rata 83,8. Keempat, Peningkatan keterampilan dasar peserta didik sebelum dan sesudah penerapan Strategi Student Teams Achievement Divisional (STAD) terlihat signifikan. data pra siklus dengan rata-rata nilai 5,9 dan persentase sebesar 12%. Pada siklus I, rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 63,3 dengan 56% siswa mencapai ketuntasan. Siklus II menunjukkan peningkatan lebih lanjut dengan rata-rata nilai 71,5 dan 75%. Pada siklus III, rata-rata nilai meningkat 83,8 dengan 93%. Secara keseluruhan, keterampilan dasar tari peserta didik meningkat dari nilai rata-rata 58 sebelum intervensi menjadi 83,8 pada siklus III, dengan ketuntasan meningkat dari 12% menjadi 93%.