Abstract:
ISMATUL FADILAH. Penerapan Metode Fun Learning Berbantuan
Media Big Book Untuk Meningatkan Kemampuan Membaca Permulaan
Peserta Didik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 1 MIN 2 Kubu
Raya Tahun Ajaran 2023/2024. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak Tahun 2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan : 1) Kemampuan
membaca permulaan peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas
I sebelum menggunakan metode Fun Learning berbantuan media Big Book
di MIN 2 Kubu Raya tahun ajaran 2023/2024. 2) Langkah-langkah penerapan
metode Fun Learning berbantuan media Big Book pada mata pelajaran
Bahasa Indonesia kelas I MIN 2 Kubu Raya tahun ajaran 2023/2024. 3)
Kemampuan membaca permulaan peserta didik setelah menggunakan metode
Fun Learning berbantuan media Big Book MIN 2 Kubu Raya tahun ajaran
2023/2024. 4) Peningkatan kemampuan membaca permulaan peserta didik
setelah menggunakan metode Fun Learning berbantuan media Big Book MIN
2 Kubu Raya tahun ajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis
Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari II siklus dengan 4 tahapan yaitu
rancangan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu
observasi, Tes, dan dokumentasi. Metode yang digunakan peneliti dalam
menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif . Subjek
dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas I MIN 2 Kubu Raya yang
berjumlah 25 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui
bahwa: 1) Hasil Observasi pra tindakan didapatkan data pada nilai rata-rata
kemampuan membaca permulaan peserta didik sebesar 52.96 dengan
presentase peserta didik tuntas 24% (6 peserta didik) dikategorikan tuntas.
Langkah-langkah penerapan metode Fun Learning berbantuan media Big
Book pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I MIN 2 Kubu Raya tahun
ajaran 2023/2024. 3) Berdasarkan hasil dari siklus I didapatkan data pada
kemampuan membaca permulaan peserta didik dengan rata-rata sebesar
68.32 dengan presentase peserta didik tuntas 60% (15 peserta didik) yang
dikategorikan tuntas. Sedangkan pada siklus II didapatkan data pada
kemampuan membaca permulaan peserta didik dengan rata-rata sebesar
86.36 dengan presentase peserta didik tuntas 96% (24 peserta didik) yang
dikategorikan tuntas, dan 4) Terjadi peningkatan persentase rata-rata pada pra
tindakan sebesar 52.96 meningkat menjadi 68.32 pada siklus I kemudian
meningkat lagi menjadi 86.36 pada siklus II. Peningkatan jumlah peserta
didik yang tuntas pada kemampuan membaca permulaan pra tindakan sebesar
24% meningkat menjadi 60% pada siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi
96% pada siklus II.