Abstract:
SITI FATMA INAYATUL KAMILA, Penerapan Metode Gamifikasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Kelas VA di SD Islam Terpadu Permata Hati Ketapang Tahun Ajaran 2023/2024. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan: Pertama, hasil belajar matematika materi operasi hitung kelas VA sebelum penerapan metode gamifikasi. Kedua, langkah-langkah penerapan metode gamifikasi pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung kelas VA. Ketiga, hasil belajar matematika materi operasi hitung kelas VA setelah penerapan metode gamifikasi. Keempat, peningkatan hasil belajar matematika materi operasi hitung kelas VA sebelum dan sesudah diterapkan metode gamifikasi.
Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), model Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam 2 siklus. Lokasi penelitian ini dilakukan di SD Islam Terpadu Permata Hati Ketapang. Peserta didik kelas VA berjumlah sebanyak 24 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar test, lembar pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan di penelitian ini adalah analisis data kuantitatif, yaitu uji normalitas, uji deskriptif, dan uji non-parametrik.
Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini, dapat disimpulkan: Pertama, hasil belajar matematika materi operasi hitung kelas VA sebelum diterapkannya metode gamifikasi diperoleh hasil belajar peserta didik dengan nilai rata-rata 47,46 dengan persentase ketuntasan 25%. Kedua, langkah-langkah penerapan metode gamifikasi pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung di kelas VA SD Islam Terpadu Permata Hati Ketapang sudah dalam kategori sangat baik dan berjalan dengan sistematis. Ketiga, hasil belajar matematika materi operasi hitung kelas VA sesudah diterapkannya metode gamifikasi diperoleh hasil belajar peserta didik dengan nilai rata-rata 80 dengan persentase ketuntasan 87,5%. Keempat, peningkatan hasil belajar matematika materi operasi hitung kelas VA sebelum dan sesudah diterapkan metode gamifikasi mengalami peningkatan dari pra siklus ke siklus II dilihat dari hasil uji non-parametrik yaitu Wilcoxon Signed-Rank Test dengan perolehan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dan dapat dilihat dari rank median siklus II yang menunjukkan (13.00) > median rank prasiklus (1.00) hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam hasil belajar peserta didik setelah diterapkan metode gamifikasi.