Abstract:
Riska Putri Ramadanti. 12010135. Hubungan Kecerdasan Intrapersonal Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Di SD Negeri 09 Pontianak Barat Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Kecerdasan intrapersonal peserta didik pada mata pelajaran Matematika kelas IV di SD Negeri 09 Pontianak Barat tahun pelajaran 2023/2024, 2) Prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika kelas IV di SD Negeri 09 Pontianak Barat tahun pelajaran 2023/2024, dan 3) Hubungan kecerdasan intrapersonal peserta didik terhadap prestasi belajar mata pelajaran Matematika kelas IV di SD Negeri 09 Pontianak Barat tahun pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian expost facto causal research. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 09 Pontianak Barat. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 103 peserta didik sedangkan sampel yang digunakan 44 peserta didik dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Instrumen diuji dengan menggunakan uji validitas isi dan uji reliabilitas. Data yang diperoleh selanjutnya diuji menggunakan analisis statistika deskriptif. Dilanjutkan dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Adapun uji hipotesis menggunakan uji korelasi pearson product moment dan analisis regresi linear sederhana.
Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan : (1) Kecerdasan intrapersonal pada peserta didik kelas IV SD Negeri 09 Pontianak Barat diperoleh dengan rata-rata 65,91 termasuk dalam kategori tinggi. (2) Nilai prestasi belajar matematika peserta didik kelas IV SD Negeri 09 Pontianak Barat diperoleh nilai dengan rata-rata 68,57 termasuk dalam kategori sedang. (3) Hubungan kecerdasan intrapersonal peserta didik terhadap prestasi belajar mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 09 Pontianak Barat, menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan. Hal ini terbukti melalui uji korelasi pearson product moment dengan nilai rhitung 0,934 > rtabel 0,304 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Selain itu, analisis regresi linear sederhana menunjukkan persamaan bahwa setiap peningkatan satu unit kecerdasan intrapersonal (X) akan meningkatkan prestasi belajar (Y)