Abstract:
FADILLAH. Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Teams Games
Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Pada Mata
Pelajaran IPAS Di SDN 09 Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Kecerdasan
interpersonal peserta didik di kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan
Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT)
pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SDN 09 Pontianak Barat Tahun Ajaran
2023/2024. 2) Kecerdasan Interpersonal peserta didik di kelas eksperimen yang
diberikan perlakuan Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Teams Games
Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPAS di SDN 09 Pontianak Barat Tahun
Ajaran 2023/2024. 3) Peningkatan hasil Penggunaan Model Cooperative Learning
Tipe Teams Games Tournamet (TGT) untuk meningkatkan kecerdasan
interpersonal pada mata pelajaran IPAS di SDN 09 Pontianak Barat Tahun Ajaran
2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian Quasi
Eksperimen dengan desain Post-test Only Control Design. Adapun lokasi penelitian
yaitu di SDN 09 Pontianak Barat. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah
lembar observasi dan lembar angket (post test). Serta untuk pengolahan data dengan
menggunakan aplikasi Software SPSS versi 26 dengan Analisis Deskriptif dan
Analisis Regresi.
Berdasarkan Uji Analisis Deksriptif Statistik dan Uji Analisis Regresi
Sederhana dengan menggunakan SPSS versi 26, diperoleh hasil yaitu: 1)
Kecerdasan Interpersonal peserta didik untuk kelas kontrol memiliki nilai rata-rata
44,16 yang diolah secara persentase sebesar 76,13% dan termasuk pada skor skala
pengukuran kecerdasan interpersonal dalam kategori tinggi. 2) Kecerdasan
Interpersonal peserta didik untuk kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 49,96
yang diolah secara persentase sebesar 86,13% dan termasuk pada skor skala
pengukuran kecerdasan interpersonal dalam kategori sangat tinggi. 3) Hasil Uji
Hipotesis melalui regresi linier sederhana diperoleh bahwa nilai signifikansi
koefisien regresi sebesar ≤ 0,002 < 0,05 (alpha), maka keputusan Ho ditolak Ha
diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari Penggunaan Model
Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournamen (TGT) Untuk Meningkatkan
Kecerdasan Interpersonal Pada Mata Pelajaran IPAS di SDN 09 Pontianak Barat.