Abstract:
ZAITUN. Pengembangan Aplikasi Lembar Kerja Peserta Didik Tematik
Multimodal Berbasis Android Kelas VI Tema 4 SDN 68 Pontianak Barat Tahun
Ajaran 2023/2024: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak.
Penelitian ini dilatar belakangi dari keterbatasan materi yang terdapat dalam
LKPD pada umumnya yang berbentuk cetak. Sehingga tujuan penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan bagaimana pngembangan Aplikasi Lembar Kerja Peserta
Didik Tematik Multimodal Berbasis Android di SD/MI.
Penelitian ini menggunakan model Four-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu
Define (Penetapan), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan
Disseminate (Penyebarluasan). Penelitian ini dilakukan di SDN 68 Pontianak Barat
yang beralamatkan JL. Komodor Yos Sudarso, Sungai Beliung, Kecamatan
Pontianak Barat, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.
Hasil yang diperoleh yaitu: (1) Langkah-langkah dalam pembuatan aplikasi
LKPD Tematik Multimodal Berbasis Android Kelas VI Tema 4 melaui proses
design (perancangan) yang terbagi menjadi dua tahap. Tahap pertama adalah
perancangan awal yang dimulai dari mempersiapkan materi yang akan dicantumkan
dalam LKPD Multimodal. Setelah itu membuat LKPD Multimodal dengan
memasukkan sumber-sumber yang sudah ada pada Flip PDF Profesional. Tahap
kedua adalah mempublish LKPD yang telah dibuat untuk dijadikan sebuah aplikasi
menggunakan Website 2 APK Builder Pro 4.2. (2) Kelayakan dari aplikasi LKPD
Tematik Multimodal Berbasis Android Kelas VI Tema 4 di SDN 68 Pontianak
Barat adalah sebagai berikut : (a) Berdasarkan hasil validasi produk diperoleh skor
rata-rata sebesar 4,5 masuk kriteria “sangat layak.” (b) Berdasarkan hasil validasi
materi diperoleh skor rata-rata sebesar 4,6 masuk kriteria “sangat layak.” (c)
Berdasarkan hasil validasi bahasa diperoleh skor rat-rata sebesar 4,67 masuk
kriteria “sangat layak.” (3) Kepraktisan dari aplikasi LKPD Tematik Multimodal
Berbasis Android Kelas VI Tema 4 di SDN 68 Pontianak Barat. Mendapatkan
respon dari guru dengan presentase sebesar 100% dan perolehan skor rata-rata 5
masuk kriteria “sangat praktis.” Sedangkan respon dari peserta didik aspek
kemudahan memperoleh presentasi sebesar 84%, aspek kebermanfaatan
memperoleh presentasi sebesar 78%, aspek kelengkapan memperoleh presentasi
sebesar 91%, dan aspek kemenarikan memperoleh presentasi sebesar 89% dengan
perolehan skor akhir rata-rata kepraktisan dari respon angket peserta didik
memperoleh skor sebesar 4,28 masuk dalam kategori “sangat praktis”.