Abstract:
AYU LESTARI (12010062), Pengaruh Penggunaan Starategi Contextual Teaching and learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada pembelajaran IPAS Materi Sistem Pencernaan Manusia Di SDN 35 Pontianak Selatan Tahun Pelajaran 2023/2024 : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024.
Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mendeskripsikan: 1) hasil belajar peserta didik di kelas kontrol pada pembelajaran IPAS materi sistem pencernaan manusia. 2) Hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen pada pembelajaran IPAS materi sistem pencernaan manusia). 3) Pengaruh penggunaan strategi Contextual Teaching and Learning (CTL). 4) Terdapat perbedaan hasil belajar kelas kontrol dengan kelas eksperimen pada pembelajaran IPAS materi sistem pencernaan manusia.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain Quasi Experimental Design dan jenis penelitian ini adalah Nonequivalent Control Grup Design. lokasi penelitiannya di SDN 35 Pontianak Selatan dengan sumber datanya peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, lembar tes dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah analisis instrument, analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji T paired sample t-test.
Hasil penelitian ini adalah 1) Hasil belajar kelas kontrol pada pembelajaran IPAS materi sistem pencernaan manusia di SDN 35 Pontianak Selatan nilai pretest 57,67 dan saat posttest meningkat menjadi 58,50. 2) Hasil belajar kelas eksperimen pada pembelajaran IPAS materi sistem pencernaan manusia di SDN 35 Pontianak Selatan nilai pretest 56,83 dan saat posttest meningkat menjadi 67,67. 3) Berdasarkan analisis data terdapat pengaruh nilai yang signifikan 0,000 < 0,05, maka hipotesis diterima (Hα) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh variabel X (Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning) terhadap Variabel Y (Hasil Belajar). 4) Berdasarkan hasil yang di uji menggunakan uji paired sampel t test pada kelas kontrol dan eksperimen bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik kelas kontrol dan eksperimen. Yang mana hasil belajar kelas kontrol menunjukkan dengan hasil nilai signifikan 0,681>0,05. sedangkan uji paired sampel t test yang digunakan pada kelas eksperimen menunjukkan dengan hasil nilai signifikan 0,000>0,05.