Abstract:
ANGGI RIZKI OCTAVIANI , Penggunaan Model Example Non Example Dalam Menumbuhkan Kemampuan Menulis Kalimat Sempurna Pada Kelas Iv Madrasah Ibtidaiyah Swasta At – Taqwa Sungai Kakap: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Jurursan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institiut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: (1) memaparkan kemampuan menulis kalimat sempurna peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Swasta At-Taqwa Sungai Kakap sebelum diterapkan model Example Non Example melalui media gambar animasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tema 4 subtema 1 tahun ajaran 2023/2024; 2) memaparkan kemampuan menulis kalimat sempurna peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Swasta At-Taqwa Sungai Kakap setelah diterapkan model Example Non Example melalui media gambar animasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tema 4 subtema 1 tahun ajaran 2023/2024; 3) Meningkatkan penggunaan model Example Non Example peserta didik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Swasta At-Taqwa Sungai Kakap pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tema 4 subtema 1 tahun ajaran 2023/2024.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Sumber data penelitian ini adalah populasi dan sampel. Adapun populasi dan sampel dalam penelitian ini Madrasah Ibtidaiyah Swasta At-Taqwa Sungai Kakap yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 40 peserta didik. Teknik dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi, teknik tes dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, daftar ceklis dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis datanya peneliti menggunakan SPSS.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) kemampuan menulis kalimat sempurna peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Sungai Kakap sebelum diterapkan model Example Non Example pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tema 4 subtema 1 didapatkan nilai 47,3 dengan kategori kurang baik. 2) kemampuan menulis kalimat sempurna peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Swasta At-Taqwa Sungai Kakap setelah diterapkan model Example Non Example pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tema 4 subtema 1 tahun didapatkan nilai 85,6 dengan kategori baik. 3) penggunaan model Example Non Example peserta didik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Swasta At-Taqwa Sungai Kakap pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tema 4 subtema 1. Hasil uji t-test dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa adanya penggunaan model Example Non Example sudah dilaksanakan 100%.