Abstract:
NURUL HARTIKA, Penerapan Metode Diskusi Dibantu Media Pop Up Book Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Iv Mis Nurul Hasanah Siantan Tahun Pelajaran 2024/2025: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Jurursan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institiut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: (1) hasil belajar awal (pre-test) peserta didik tanpa Penerapan Metode Diskusi Dibantu Media Pop Up Book Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik; 2) langkah-langkah penerapan Media Pop Up Book dan metode diskusi dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas; 3) hasil belajar peserta didik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Hasanah Siantan setelah menggunakan Media Pop Up Book dan penerapan metode diskusi; 4) Peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Hasanah Siantan setelah menggunakan Media Pop Up Book dan penerapan metode diskusi
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Sumber data penelitian ini adalah populasi dan sampel. Adapun populasi dan sampel dalam penelitian ini seluruh peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Hasanah Siantan kelas VI yang berjumlah 26. Teknik dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi, teknik tes dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis datanya peneliti menggunakan 2 siklus dan menghitumgnya menggunakan SPSS.
Berdasarkan data yang diperoleh kemampuan awal peserta didik dapat dilihat dari hasil nilai pre-test peserta didik, jumlah nilai 1.260 dengan rata-rata 48,46, nilai tertinggi 90 dan terendah 20, dengan tingkat ketuntasan yang tidak tuntas sebesar 65,35% dan yang tuntas sebesar 34,61%. Dari hasil pengukuran awal siswa dapat diketahui bahwa rata-rata siswa memang masih belum mengetahui atau menguasai materi pelajaran yang dijarkan guru. Setelah siswa mengetahui proses pembelajaran selama satu siklus, posttest siswa yang tuntas dengan jumlah 1940, dengan rata-rata 74,62 nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 40, dengan tingkat ketuntasan 69,23%. Maka dapat di simpulkan bahwa hasil belajar peserta didik siklus 1 dan siklus 2 setelah menggunakan media pop up book ialah sebesar 23.08%