Abstract:
LAILA PRASANTI. Peningkatan Keterampilan Membaca dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Ungkapan Penolakan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Buku Cerita Pendek pada Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pontianak. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Keterampilan membaca dalam pelajaran Bahasa Indonesia materi ungkapan penolakan sebelum menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw berbantuan media buku cerita pendek; (2) Langkah-langkah pelajaran Bahasa Indonesia materi ungkapan penolakan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw berbantuan media buku cerita pendek; (3) keterampilan membaca dalam pelajaran Bahasa Indonesia materi ungkapan penolakan setelah menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw berbantuan media buku cerita pendek; (4) Peningkatan keterampilan membaca dalam pelajaran Bahasa Indonesia materi ungkapan penolakan sebelum dan setelah digunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw berbantuan media buku cerita.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Alat pengumpulan data yaitu lembar observasi, pedoman wawancara dan lembar tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rumus mean. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pontianak. Sumber data utama adalah peserta didik kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pontianak yang berjuamlah 47 orang.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) keterampilan membaca peserta didik sebelum penelitian PTK adalah 52,98 dalam kategori cukup; (2)langkah-langkah ini terdiri dari 3 siklus. Siklus I terdapat kekurangan peserta didik tidak mendengarkan penjelasan dari peneliti, siklus II dan siklus III mengalami peningkatan; (3) setelah menggunakan media buku cerita pendek diketahui keterampilan membaca pada siklus I sebesar 60 kategori cukup. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 70 dengan kategori baik. Pada siklus III meningkat menjadi 84,78 dengan kategori baik sekali. (4) sebelum dan sesudah antara data sebelum penelitian tindakan kelas dan siklus III sebesar 31,8 sedangkan siklus II ke siklus III terdapat peningkatan 14,78.
Dalam data di atas dapat membuktikan bahwa penggunaan model kooperatif tipe jigsaw berbantuan media buku cerita pendek dapat meningkatkan keterampilan membaca peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia tema 1 Materi Ungkapan Penolakan di Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pontianak.