Abstract:
LINDA PURNAMA SARI, Pengaruh Penggunaan Strategi Inquiri Berbantuan Media Pembelajaran Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Pengukuran Panjang Kelas IV SDN 09 Sungai Kakap Kabupaten Kuburaya Tahun Pelajaran 2023/2024: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: Pertama, hasil belajar peserta didik kelompok eksperimen sebelum dan setelah pembelajaran dengan menggunakan strategi inkuiri berbantuan media pembelajaran PowerPoint materi pengukuran panjang pada kelas IV SDN 09 Sungai Kakap. Kedua, hasil belajar peserta didik kelompok kontrol sebelum dan setelah pembelajaran tanpa menggunakan strategi inkuiri berbantuan media pembelajaran PowerPoint materi pengukuran panjang pada kelas IV SDN 09 Sungai Kakap. Ketiga, Pengaruh penggunaan strategi inkuiri berbantuan media pembelajaran PowerPoint materi pengukuran panjang pada kelas IV SDN 09 Sungai Kakap.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental) dengan desain kelompok kontrol pretest dan posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 09 Sungai Kakap yang terdiri dari dua kelas semester genap tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 44 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 22 siswa kelas IV A sebagai kelas kontrol dan 22 siswa kelas IV B sebagai kelas eksperimen. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes (pre-test dan post-test). Statistika digunakan untuk menganalisis data dengan melakukan uji analisis item, uji normalitas, dan uji Mann Whitney dengan menggunakan aplikasi SPSS 19.
Berdasarkan analisis data pada penelitian ini dapat disimpulkan: Pertama, nilai rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen pada materi pengukuran panjang yang diajarkan menggunakan strategi inkuiri berbantuan media pembelajaran PowerPoint adalah 83,63. Kedua, nilai rata-rata hasil belajar peserta didik kelas kontrol pada materi pengukuran panjang yang diajarkan dengan media konvensional adalah 63,93. Ketiga, terdapat pengaruh penggunaan strategi inkuiri berbantuan media pembelajaran PowerPoint terhadap hasil belajar siswa pada materi pengukuran panjang. Karena berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji Mann Whitney diperoleh nilai Asymp.Sig sebesar 0,001 yang berarti lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, terdapat pengaruh Penggunaan Strategi Inkuiri Berbantuan Media Pembelajaran Powerpoint terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pengukuran Panjang di Kelas IV SDN 09 Sungai Kakap.