Abstract:
DINDA PRATIWI, Pengaruh Penggunaan Metode Mendongeng dibantu Media Panggung Boneka Terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik Kelas V di SDN 13 Rasau Jaya: Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk memaparkan 1) keterampilan berbicara di kelas kontrol (5B), 2) keterampilan berbicara peserta didik kelas eksperimen (5A) dan 3) pengaruh penggunaan metode mendongeng dibantu media panggung boneka terhadap keterampilan berbicara peserta didik kelas V di SDN 13 Rasau Jaya tahun pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi-exsperimental). Dengan desian penelitian yang dipilih adalah Post-test Only Control Group Desain. Dalam desain ini kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol dipilih dengan secara total sampling. Teknik dan instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, 1) Teknik tes dengan instumen penelitian tes unjuk kerja 2) observasi dengan instrument penelitian lembar observasi, 3) dokumentasi berupa foto dan dokumen.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) keterampilan berbicara di kelas kontrol (VB) menggunakan metode mendongeng tanpa dibantu oleh media panggung boneka dikategorikan masih kurang dengan nilai rata-rata 62,11, 2) keterampilan berbicara peserta didik kelas eksperimen (VA) menggunakan metode mendongeng dibantu media panggung boneka dikategorikan sudah cukup baik dengan nilai rata-rata 89,84, dan 3) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode mendongeng dibantu media panggung boneka terhadap keterampilan berbicara peserta didik kelas V di SDN 13 Rasau Jaya tahun pelajaran 2023/2024.