Abstract:
TANTRI WARDANI. Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD Dibantu dengan Media Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sejarah Kerajaan Hindu, Budhha, dan Islam Kelas IV di SDN 11 Pangkalan Kongsi Tahun Ajaran 2023/2024. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) Hasil belajar peserta didik sebelum diterapkan model kooperatif tipe STAD dibantu dengan media crossword puzzle kelas IV di SDN 11 Pangkalan Kongsi tahun ajaran 2023/2024; 2) Penerapan model kooperatif tipe STAD dibantu dengan media crossword puzzle untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi sejarah kerajaan hindu, budhha, dan islam kelas IV di SDN 11 Pangkalan Kongsi tahun ajaran 2023/2024; 3) Hasil belajar peserta didik sesudah diterapkan model kooperatif tipe STAD dibantu dengan media crossword puzzle untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi sejarah kerajaan hindu, budhha, dan islam kelas IV di SDN 11 Pangkalan Kongsi tahun ajaran 2023/2024; 4) Peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah diterapkan model kooperatif tipe STAD dibantu dengan media crossword puzzle untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi sejarah kerajaan hindu, budhha, dan islam kelas IV di SDN 11 Pangkalan Kongsi tahun ajaran 2023/2024.
Untuk mencapai tujuan penelitian diatas, maka digunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang berlokasi di SDN 11 Pangkalan Kongsi dengan subyek penelitian peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kuantitatif dengan uji instrumen validasi menurut Gregory.
Berdasarkan hasil pengelolaan data dapat dibuktikan bahwa: 1) Nilai hasil belajar peserta didik sebelum diterapkan model kooperatif tipe STAD dibantu dengan media crossword puzzle kelas IV menunjukkan bahwa nilai rata-rata keseluruhan peserta didik sebesar 54,4 terdapat 6 peserta didik tuntas dengan presentase 22,2%; 2) Penerapan model kooperatif tipe STAD dibantu dengan media crossword puzzle telah berhasil dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaan; 3) Hasil belajar peserta didik sesudah diterapkan model kooperatif tipe STAD dibantu dengan media crossword puzzle pada siklus I memperoleh nilai rata-rata keseluruhan peserta didik sebesar 66,7 terdapat 16 peserta didik meningkat dengan presentase 59,2% dan siklus II sebesar 81,4 terdapat 21 peserta didik meningkat dengan presentase 77,8%; 4) Berdasarkan nilai rata-rata peserta didik yang diperoleh diketahui bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah penerapan model kooperatif tipe STAD dibantu dengan media crossword puzzle pada materi sejarah kerajaan hindu, budhha. Dengan demikian penelitian ini berhenti pada siklus II karena indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas sudah tercapai dengan baik.