Abstract:
NADA SORAYA, Pengaruh Penggunaan Media Video Teknik Dasar Sepak Bola Yang Divariasikan Dengan Strategi Make A Match Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas II SD Negeri 27 Sungai Raya: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pengaruh penggunaan media video teknik dasar sepak bola yang divariasikan dengan strategi Make a Match terhadap hasil belajar peserta didik kelas II SD Negeri 27 Sungai Raya. Penelitian ini berjenis Penelitian Kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimental. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Population Sampling.
Penelitian ini menemukan hasil belajar teknik dasar sepak bola peserta didik setelah menggunakan media video yang di variasikan dengan strategi make a match dalam pembelajaran PJOK materi teknik dasar sepak bola pada peserta didik kelas II menunjukan sekitar 5% yang merupakan sebagian besar nilainya pas dengan KKM dan 95% yang nilainya sudah mencapai KKM. Adapun pengaruh penggunaan media video yang divariasikan dengan strategi make a match berpengaruh kepada hasil belajar siswa. Bukti kongkritnya dapat ditinjau dari hasil posttest sebesar 87,8 untuk kelas 2A (Eksperimen) dan 2B (Kontrol) memperoleh hasil nilai sebesar 78,6. Pada hasil uji hipotesis diperoleh nilai sig (2-tailed) yaitu 0,001 dengan nilai signifikasi 0,05 dimana 0,001 < lebih kecil dari 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka penggunaan media video yang divariasikan dengan strategi make a match terhadap hasil belajar teknik dasar sepak bola pada peserta didik kelas II di SD Negeri 27 Sungai Raya tahun ajaran 2021-2022 berpengaruh signifikan.