Abstract:
ARFIANI KUSUMA SARASWATI. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Kelas IV di SDN 12 Pontianak Kota Tahun Pelajaran 2023/2024. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Permasalahan yang ada di SDN 12 Pontianak Kota seperti memecahkan masalah peserta didik masih banyak yang belum mencapai nilai KKM pada mata pelajaran matematika, guru masih kurang kreatif dalam memberikan model dan metode pembelajaran. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran make a match berbantuan media puzzle terhadap hasil belajar peserta didik materi operasi hitung perkalian di SDN 12 Pontianak.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimental Design. Teknik analisa data menggunakan uji t. Adapun populasi dan sampel penelitian ini adalah kelas IV dengan jumlah 34 peserta didik dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, lembar tes dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian berkesimpulan bahwa hasil belajar peserta didik kelas kontrol sebelum menggunakan model pembelajaran make a match berbantuan media puzzle pada materi operasi hitung perkalian di SDN 12 Pontianak Kota, pada saat melakukan posttest kelas kontrol memperoleh mean sebesar 60,59 dengan persentase ketuntasan sebesar 23,53%. Kemudian, hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran make a match berbantuan media puzzle pada materi operasi hitung perkalian di SDN 12 Pontianak Kota, pada saat melakukan posttest kelas eksperimen memperoleh mean sebesar 85,88 dengan persentase ketuntasan sebesar 100%. Pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran make a match berbantuan media puzzle terhadap hasil belajar peserta didik materi operasi hitung perkalian kelas eksperimen SDN 12 Pontianak Kota. Berdasarkan hasil uji pada nilai pretest posttest kelas eksperimen terdapat pengaruh yang signifikan ditunjukan dengan hasil signifikan 0,000<0,05. Besar peningkatannya adalah posstest (85,88) – prettest (56,47) = 29.41%. Dengan demikian kelas eksperimen mengalami peningkatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Demikian dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran make a match berbantuan media puzzle pada hasil belajar peserta didik.