Abstract:
NURITA WATI, Pengaruh Penggunaan Komik Digital Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV MIN 1 Kubu Raya, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak.
Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya ketertarikan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian untuk menegtahui: 1) minat belajar peserta didik sebelum menggunakan komik digital sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran matematika di kelas IV MIN 1 Kubu Raya; 2) minat belajar peserta didik setelah menggunakan komik digital sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran matematika di kelas IV MIN 1 Kubu Raya; 3) terdapat pengaruh signifikan penggunaan komik digital sebagai media pembelajaran terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika di kelas IV MIN 1 Kubu Raya; 4) seberapa besar pengaruh penggunaan komik digital terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika di kelas IV MIN 1 Kubu Raya.
Jenis penelitian iniadalah eksperimen dengan metode eksperimen semu (quasi eksperimen design) menggunakan model pree and post, dilaksanakan di MIN 1 Kubu Raya. Populasi terdiri 50 peserta didik di kelas IV, dan sampelnya menggunakan sampel jenuh, yaitu di kelas IV A sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV B sebagai kelompok kontrol, masing-masing dengan 25 peserta didik. Pengumpulan data melibatkan observasi, kuesioner, dan dokumentasi dengan alat mengumpulkan lembar observasi, lembar kuesioner dan dokumentasi. Analisis data meliputi uji instrumen (validasi dan reliabilitas), uji prasyarat (normalitas dan homogenitas), uji statistik (uji hipotesis dengan idenpendent sample t-test, dan uji effect size), serta menggunakan uji besaran pengaruh uji regresi R square untuk menghitung seberapa besar pengaruhnya.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan komik digital sebagai alat pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Sebelum menggunakan komik digital, skor tes awal peserta didik bervariasi antara 51 dan 77, dengan rata-rata skor 56,2, yang termasuk dalam kategori cukup. Setelah menggunakan komik digital, skor tes meningkat menjadi antara 69 dan 94, dengan rata-rata skor 80, yang masuk dalam kategori tinggi. Persentase minat belajar peserta didik menunjukkan peningkatan pada aspek perasaan senang, keterlibatan, ketertarikan, dan perhatian. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa penggunaan komik digital memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap minat belajar peserta didik, dengan nilai effect size yang tinggi (0,992). Secara keseluruhan, penggunaan komik digital memiliki dampak yang signifikan (p < 0,05) terhadap minat belajar peserta didik, dengan tingkat pengaruh sebesar 0,364 dalam kategori sedang.