Abstract:
SUCI WULANDARI. Pengaruh Penggunaan Media Manipulatif Terhadap Hasil Belajar (Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang Sederhana) Pada Peserta Didik Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Pontianak: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya peserta didik yang merasa takut dengan matematika dan kurangnya peserta didik memahami materi yang disampaikan guru sehingga hasil belajar menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Bagaimana penerapan media manipulatif, (2) Bagaimana hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan media manipulatif, (3) Bagaimana hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media manipulatif, dan (4) Apakah terdapat pengaruh penggunaan media manipulatif terhadap hasil belajar.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experiment design). Penelitian ini terdiri dari 50 peserta didik, 25 peserta didik kelompok eksperimen dan 25 peserta didik kelompok kontrol, desain penelitian ini melakukan dua kali tes yang pada masing-masing kelompok, test awal pembelajaran tidak menggunakan media manipulatif. Kemudian tes terakhir pada kelompok eksperimen di beri perlakuan menggunakan media manipulatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Penggunaan media manipulatif dalam pembelajaran materi jaring-jaring bangun ruang sederhana telah dilaksanakan dengan baik hal ini dapat dilihat pada hasil observasi guru pada pembelajaran posttest kelompok eksperimen. (2) Hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan media manipulatif dengan nilai tertinggi pada kelompok eksperimen 70 dan nilai terendah 40. Sedangkan pada kelompok kontrol nilai tertinggi 65 dan nilai terendah 40. (3) Hasil belajar perlakuan menggunakan media, sehingga diperoleh nilai peserta didik posttest kelompok eksperimen nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 75 sehingga rata-rata 89,6 dengan kategori sangat baik. (4) Setelah diterapkan media manipulatif kepada peserta didik maka terdapat pengaruh yang signifikan 0,091 dari penggunaan media manipulatif sedangkan hasil hipotesis diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,00 menunjukkan lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis tersebut, maka Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan setelah menggunakan media manipulatif terhadap hasil belajar materi jaring-jaring bangun ruang sederhana kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Pontianak.