Abstract:
NUR HASANAH, pengaruh Pemanfaatan Media Powtoon terhadap Hasil Belajar Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri 8 Mentibar Tahun Pelajaran 2023/2024: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 8 Mentibar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media powtoon terhadap hasil belajar tema 8 lingkungan sahabat kita pada peserta didik di kelas V Sekolah Dasar Negeri 8 Mentibar genap tahun pelajaran 2023/2024.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan metode eksperimen semu (quasi eksperimen design), dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 8 Mentibar. Populasi terdiri 40 peserta didik di kelas V, dan sampelnya menggunakan simple random sampling, yaitu kelas V A sebagai eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol, masing-masing dengan 20 peserta didik. Pengumpulan data melibatkan tes, observasi, dan dokumentasi dengan mengumpulkan lembar observasi, soal, dan dokumentasi. Analisis data meliputi uji empiris (validasi, reabilitas, tingkat kesulitan, dan daya pembeda), uji N-Gain, dan uji prasyarat (uji hipotesis dengan idenpendent sample test).
Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Penggunaan media powtoon di kelas V Sekolah Dasar Negeri 8 Mentibar pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024 terbukti terlaksana dengan maksimal sesuai hasil observasi yang menunjukkan bahwa penggunaan media powtoon yang sudah sangat baik, diperkuat dengan tes akhir (postest) pada kelas eksperimen jauh lebih berbeda dari hasil kelas kontrol. 2) Hasil belajar peserta didik dievaluasi melalui nilai pretast dan post-test menggunakan soal pilihan ganda terjadi peningkatan hasil belajar dari nilai rata-rata awal 62,5 (nilai pretest) menjadi nilai rata-rata akhir 91,5 (nilai post-test), meningkat dari kategori “cukup” menjadi “sangat tinggi”. 3) Pengaruh penggunaan media powtoon terhadap hasil belajar peserta didik dapat dibuktikan dengan hasil belajar post-test didukung oleh hasil uji hipotesis statistik, dengan nilai signifikansi (2tailed) 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak, artinya ada pengaruh penggunaan media powtoon terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini mengindikasikan bahwa media powtoon berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada tema 8 lingkungan sahabat kita subtema 3 usaha pelestarian lingkungan pembelajaran 5 di kelas V Sekolah Dasar Negeri 8 Mentibar.