Abstract:
KURNIA IRNINGSIH, 11713029 Penerapan Metode penemuan terbimbing (Guided Inquiry) Terhadap berfikir kreatif materi gaya dan gerak di Kelas IV Madrasah Negeri 2 Kubu Raya: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk menganalisis keterampilan berfikir kreatif materi gaya dan gerak yang menggunakan metode penemuan terbimbing (Guided Inquiry) Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Rasau Jaya Tahun Ajar 2023/2024, 2) Untuk menganalisis berfikir kreatif peserta didik pada materi gaya dan gerak di Kelas IV antara yang berfikir kreatif dengan yang tidak berfikir kreatif Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Rasau Jaya Tahun Ajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekantan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain yang di gunakan Quasi Eksperimental Design dengan teknik penelitian Nonequivalent Control Group Design. populasi penelitian terdiri dari kelas IV Berjumlah 76 peserta didik dengan IV A berjumlah 38 dan IV B berjumlah 38.
Adapun teknik Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling yaitu menggunakan seluruh anggota populasi untuk di jadikan sampel. Teknik pengumoulan data yang digunakan yaitu teknik pengukuran,teknik observasi, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data menggunakan angket, lembar observasi. Proses analisis data dengan melakukan uji empiris (validasi), uji prasyarat (uji normalitas dan homogenitas) dan hipotesis uji ( Mann-Whitney dan uji independen sample t test) menggunakan aplikasi SSPS V29 for windows. Data dipaparkan secara sistematis dalam bentuk numerik berdasarkan hasil uji statistik ada taraf 0,05.
Berdasarkan hasil analisis data, maka eneliti menyimpulkan bahwa: 1) Hasil berfikir kreatif peserta didik sebelum menggunakan metode penemuan terbimbing (Guided Inquiry) pada materi gaya dan gerak kelas ekperimen memperoleh rata-rata 67,03. Sedangkan pada kelas kontrol memperoleh rata-rata nilai 70,71. 2) Hasil berfikir kreatif peserta didik sesudah menggunakan metode penemuan terbimbing (Guided Inquiry) pada materi gaya dan gerak kelas ekperimen memperoleh rata-rata nilai sebesar 87,26 . Sedangkan pada kelas kontrol memperoleh rata-rata nilai 85,39. 3) Metode penemuan terbimbing (Guided Inquiry) Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney diketahui bahwa nilai signifikansi dengan Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0.055 > 0,05 maka Ho diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa tidak memiliki perbedaan yang signifikan dalam penggunaan Metode penemuan terbimbing (Guided Inquiry) terhadap berfikir kreatif peserta didik kelas IV ada materi gaya dan gerak di Madrasah Negeri 2 Kubu Raya.