Abstract:
RICKY, Pengaruh Penggunaan Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA di kelas IV MIN 1 Kubu Raya tahun pelajaran 2023/2024 : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Peneliti ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV MIN 1 Kubu Raya.Tujuan penelitian ini untuk Mendeskripsikan: 1) Penggunaan Model Inkuiri Terbimbing dalam pembelajaran IPA di kelas IV MIN 1 Kubu Raya tahun Pelajaran 2023/2024 ? 2) Hasil belajar peserta didik dalam Pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing di kelas IV MIN 1 Kubu Raya tahun pelajaran 2023/2024 ? 3) Besarnya pengaruh penggunaan model pembelajran Inquiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik di kelas IV MIN 1 Kubu Raya tahun pelajaran 2023/2024 ?
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis rancangan eksperimentasi Experimental research dengan desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest ( Tes awal dan tes akhir pada kelompok tunggal). Populasi pada penelitian ini keseluruhan dari kelas IVB yang berjumlah 24 peserta didik,Sample dipilih dengan menggunakan Teknik sampling jenuh. Alat pengumpul data dalam penelitian ini berupa tes tertulis pilihan ganda,observasi,dan dokumentasi.Untuk menganalisis data penelitian maka peneliti menguji Uji Deskriptif,Uji Normalitas dan Homogenitas data pretest dan posttest,setelah diuji data yang diperoleh tidak berdistribusi normal dan homogen maka dilanjutkan dengan Uji Hipotesis yang mengunakan Uji Mann Whitney.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model inkuiri terbimbing baik diterapkan di SD/MI karena adanya peningkatan setelah menggunakan model tersebut yaitu sebesar 38,75 2) Hasil belajar peserta didik yang mengunakan model inkuiri terbimbing di Kelas IV MIN 1 Kubu Raya memiliki rata-rata 80 termasuk pada kategori tinggi dapat disimpulkan bahwa model inkuiri terbimbing sangat berpengaruh terhadap hasil belajar IPA MIN 1 Kubu Raya 3) berdasarkan hasil analisis parametrik Uji Mann Whitney, nilai sig. (2- tailed ) 0,00 < 0,05, maka Hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis nol (Ho) ditolak yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan. dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan yaitu sebesar 38,75 terhadap hasil belajar peserta didik.