Abstract:
MUNAIDEH, Pengaruh Penerapan Strategi Pair Check Berbantuan Media Takalintar Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas III SDN 14 Pontianak Kota Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan, 1) hasil pretest peserta didik kelas III sebelum menerapkan strategi pair check berbantuan media takalintar, 2) hasil posttest peserta didik kelas III setelah menerapkan strategi pair check berbantuan media takalintar dan 3) pengaruh penerapan strategi pair check berbantuan media takalintar terhadap hasil belajar peserta didik kelas III pada pembelajaran matematika.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu one group pretest-posttest. Sampel yang digunakan yaitu kelas III B dengan jumlah peserta didik sebanyak 28 orang. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah teknik pengukuran dan dokumentasi. Alat pengumpulan data menggunakan tes berupa 10 tes essay (pretest dan posttest) dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil pretest peserta didik yang tidak menerapkan strategi pair check berbantuan media takalintar tergolong sangat rendah, dengan nilai rata-rata pretest 32,67 dan peserta didik yang tuntas sebanyak 0%. 2) hasil posttest peserta didik yang menerapkan strategi pair check berbantuan media takalintar dengan nilai rata-rata 77,14 dengan peserta didik yang tuntas sebanyak 64,3%. 3) terdapat pengaruh penerapan strategi pair check berbantuan media takalintar terhadap hasil belajar peserta didik dikelas III SDN 14 Pontianak Kota melalui uji wilcoxon dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 ≤ 0,05.
Kata Kunci: Strategi Pair Check, Media Takalintar, Hasil Belajar