Abstract:
SITI NADZIFAH, Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing dengan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di SDN 09 Pontianak Utara: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh nilai peserta didik banyak yang belum tuntas atau masih dibawah KKM. Penerapan Model Bermain Peran (Role Playing) ini diharapkan mampu membuat peserta didik lebih memahami materi sehingga efektifitas hasil belajar meningkat. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan langkah-langkah model pembelajaran Role Playing dengan media audio visual pada mata pelajaran IPAS materi Kegiatan Jual Beli Sebagai Salah Satu Upaya Pemenuhan Kebutuhan kelas IV di SDN 09 Pontianak Utara, (2) Untuk menjelaskan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran Role Playing dengan media audio visual pada mata pelajaran IPAS materi Kegiatan Jual Beli Sebagai Salah Satu Upaya Pemenuhan Kebutuhan kelas IV di SDN 09 Pontianak Utara, (3) Untuk menjelaskan ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan setelah menggunakan model pembelajaran Role Playing dengan media audio visual terhadap hasil belajar peserta didik materi Kegiatan Jual Beli Sebagai Salah Satu Upaya Pemenuhan Kebutuhan kelas IV di SDN 09 Pontianak Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan desain penelitian design eksperimen pretest –posttest control group design.. Dengan populasi peserta didik kelas IV. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan uji statistik dengan menggunakan rumus uji t.
Berdasarkan pada hasil penelitian yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: (1) Langkah penerapan model pembelajaran role playing telah dilakukan dengan sistematis. Pada penerapan model pembelajaran role playing dengan media audio visual terdapat beberapa tahapan diantaranya: a) menetapkan tujuan yang hendak dicapai melalui penayangan video, b) menayangkan materi pembelajaran melalui video, c) persiapan, d) memilih pemain, e) memilih pengamat, f) menata panggung g) permainan peran dimulai, h) melakukan diskusi dan evaluasi, i) berbagi pengalaman dan merumuskan kesimpulan. (2) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dengan rata-rata nilai kognitif sebesar 86,68, hasil belajar afektif sebesar 86,20, dan hasil belajar psikomotorik sebesar 81,92 (3) Hal ini dapat dilihat dari hasil Uji Hipotesis terlihat pada angka signifikan 0,000 menunjukkan lebih kecil dari signifikan 0,05. Sehingga dapat di simpulkan bahwa Penggunaan model Role Playing dengan media audio visual terhadap hasil belajar berpengaruh secara signifikan.