Abstract:
MUHAMMAD DANDI ADMAZA,. Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi tutuorial Terhadap Keterampilan Senam Lantai Peserta Didik Di Kelas III MIS BAWARI Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri Pontianak(IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat keterampilan peserta didik dalam mempraktikkan gerakan senam lantai guling depan dan guling belakang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Hasil keterampilan peserta didik kelas kontrol dalam mempraktikkan gerakan guling depan dan guling belakang di MIS Bawari Pontianak tahun ajaran 2023/2024. 2) Langkah-langkah penggunanaan metode demonstrasi dibantu video animasi tutorial terhadap keterampilan peserta didik kelas 3 dalam mempraktikkan gerakan guling depan dan guling belakang di MIS Bawari Pontianak tahun ajaran 2023/2024. 3) Mengetahui hasil keterampilan peserta didik kelas eksperimen dalam mempraktikkan gerakan guling depan dan guling belakang di MIS Bawari Pontianak tahun ajaran 2023/2024. 4) Mendeskripsikan seberapa besar pengaruh penggunaan media video animasi tutorial terhadap keterampilan peserta didik dalam mempraktikkan gerakan guling depan dan guling belakang di MIS Bawari Pontianak tahun ajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Exsperimental Design dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Goup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh seluruh peserta didik kelas III yang berjumlah 64 peserta didik di MIS BAWARI Pontianak kota. Teknik sampling jenuh dan alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, test dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Hasil keterampilan peserta didik kelas kontrol dalam mempraktikkan gerakan guling depan dan guling belakang kelas IIIA di MIS BAWARI Pontianak tahun ajaran 2023/2024, diperoleh hasil keterampilan tergolong rendah dengan hasil rata-rata guling depan yaitu 64,91 dan hasil rata-rata guling belakang yaitu sebesar 59,44. 2) Hasil penggunaan metode demonstrasi dibantu videoanimasi tutorial terhadap keterampilan senam lantai guling depan dan guling belakang peserta didik di kelas III MIS BAWARI Pontianak telah disesuaikan dengan prosedur pelaksanaan mulai dari persiapan pelaksanaan dan hasil akhir penelitian. 3) Hasil keterampilan peserta didik kelas eksperimen dalam mempraktikkan gerakan guling depan dan guling belakang kelas IIIA di MIS BAWARI Pontianak, diperoleh hasil keterampilan tergolong rendah dengan hasil rata-rata guling depan yaitu 70,28 dan hasil rata-rata guling belakang yaitu sebesar 62,28. 4) Diketahui nilai uji effect size sebesar 0,02 ≤ 0,15 menunjukkan bahwa metode demonstrasi dibantu video animasi tutorial tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keterampilan mempraktikkan guling depan dan guling belakang di kelas III MIS BAWARI Pontianak.