Abstract:
ADE HNNA SAZIDAH, Penerapan Model Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPAS di SDN 34 Pontianak Kota Tahun Pelajaran 2023/2024: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: 1) Hasil belajar sebelum penerapan model team games tournament materi transformasi energi; 2) Langkah-langkah penerapan model team games tournament; 3) Hasil belajar peserta didik setelah penerapan model team games tournament materi transformasi energi; 4) Peningkatan hasil belajar peserta didik sesudah penerapan model team games tournament materi transformasi energi di sekitar kita kelas IV di SDN 34 Pontianak Kota tahun pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian bertempat di SDN 34 Pontianak Kota dengan sumber data adalah peserta didik kelas IVA. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa lembar soal pilihan ganda, lembar observasi, lembar kelengkapan dokumen. Analisis data berupa persentase dan mean.
Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Hasil belajar sebelum penerapan model pembelajaran team games tournament materi transformasi energi. Adapun hasil belajar yang diperoleh peserta didik dengan rata-rata 57,81. Peserta didik yang dinyatakan tuntas 5 orang (15,62%) sedangkan peserta didik yang tidak tuntas 27 orang (84,38%). 2) Langkah-langkah penerapan model team games tournament pada siklus I terlaksana 91,6% dan pada siklus II terlaksana 95,83%. 3) Hasil belajar peserta didik setelah penerapan model team games tournament materi transformasi energi pada siklus I nilai rata-rata 69,68 atau 37,5% peserta didik yang tuntas dan siklus II dengan nilai rata-rata 85 atau 93,75% peserta didik yang tuntas. 4) Terdapat peningkatan dari sebelum ke sesudah penerapan model pembelajaran team games tournament. Peningkatan hasil belajar dari sebelum penerapan model pembelajaran ke siklus I ialah (11,87), dari siklus I ke siklus II (15,31). Secara keseluruhan dari sebelum diterapkan model pembelajaran siklus II mengalami peningkatan (27,19).