Abstract:
SITI AISYAH, 11910029 Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Energi Dalam Kehidupan Sehari-Hari Kelas IV SDN 03 Pontianak Selatan. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa pemahaman peserta didik terdapat materi pelajaran yang diberikan masih perlu ditingkatkan. Yang mana dalam penyampaian materi pembelajaran guru belum menggunakan strategi yang aktif, dan belum menerapkan model pembelajaran yang aktif. oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Hasil belajar peserta didik pada materi energi dalam kehidupan sehari-hari sebelum menerapkan model problem based learning (PBL), 2) Penerapan model problem based learning (PBL) pada materi energi dalam kehidupan sehari-hari, 3) Hasil belajar peserta didik pada materi energi dalam kehidupan sehari-hari setelah menerapkan problem based learning (PBL), 4) Peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi energi dalam kehidupan sehari-hari setelah menerapakan model problem based learning (PBL).
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas IV SDN 03 Potianak Selatan yang berjumlah 28 peserta didik. Tahapan pada penelitian ini terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik pengukuran, observasi, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah Alat tes, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data mengunakan analisis deskriptif yang diolah dengan perhitungan rata-rata dan persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 03 Pontianak Selatan. 1) Hasil belajar peserta didik sebelum menerapkan model problem based learning (PBL) memperoleh nilai rata-rata 63,92 dengan persentase ketuntasan 32,14% dengan jumlah peserta didik yang memenuhi KKM sebanyak 9 orang dari 28 orang peserta didik; 2) Langkah – langkah penerapan model problem based learning (PBL) terlaksana dengan baik; 3) Hasil belajar peserta didik setelah menerapkan model problem based learning (PBL) pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 74,28 dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 86,78. Jumlah peserta didik yang nilainya meningkat pada siklus I sebanyak 15 orang dengan persentase 53,57% dan siklus II sebanyak 25 orang dengan persentase 89,28%; 4) Berdasarkan data yang diperoleh terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik sangat signifikan pada materi energi dalam kehidupan sehari-hari di kelas IV setelah menerapkan model problem based learning (PBL). Jadi dapat simpulkan bahwa model problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi energi dalam kehidupan sehari-hari di kelas IV SDN 03 Pontianak Selatan.