Abstract:
Septian Alamsyah. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (Ctl) Berbantuan Media Miniatur Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Matematika Materi Luas Bangun Datar Di Kelas V Sdn 08 Kecamatan Jongkat: Fakultas Tarbiyah Ilmu dan Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN), 2024.
Tujuan penelitian ini adalah meningkatan prestasi belajar peserta didik dengan menerapkan Model Pembelajaran Contekstual Theaching And Learning (CTL) berbantuan media miniatur pada pelajaran matematika materi luas bangun datar di kelas V SDN 08 kecamatan Jongkat Tahun Pelajaran 2023/2024. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika pada materi luas bangun datar sebelum diterapkannya CTL berbantuan media miniatur. (2) Untuk mengetahui langkah-langkah CTL berbantuan media miniatur dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika pada materi luas bangun datar. (3) Untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika pada materi luas bangun datar setelah menggunakan CTL berbantuan media miniatur. (4) Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika pada materi luas bangun datar sebelum dan sesudah menerapkan CTL berbantuan media miniatur.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan Kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VA (Kelas Tindakan) dan VB (Kelas Kontrol) yang berjumlah 40 peserta didik beserta wali kelasnya. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, soal tes, dan teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data adalah lembar observasi, soal pilihan ganda, dan catatan lapangan. Kemudian data dianalisis dengan cara kuantitatif.
Kesimpulan Penelitian sebagai berikut: 1). Prestasi belajar peserta didik sebelum diterapkannya CTL berbantuan media memiliki nilai rata-rata kelas 50,75. 2). Langkah-langkah CTL berbantuan media miniatur dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik dapat terlaksana 100%. 3). Prestasi belajar peserta didik setelah diterapkannya CTL berbantuan media miniatur meningkat, dengan perolehan nilai rata-rata kelas 73,75. 4). Peningkatan prestasi belajar peserta didik sebelum dan sesudah diterapkannya CTL berbantuan media miniatur menunjukan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar sebesar 23, dengan nilai rata-rata di awal 50,75 menjadi 73,75.