Abstract:
DITRI INDAH LESTARI, Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example dibantu dengan Media Poster untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V di SDN 34 Pontianak Kota Tahun Pelajaran 2023/2024: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Hasil belajar peserta didik sebelum diterapkan model pembelajaran example non example dibantu dengan media poster materi sistem pernapasan manusia; 2) Langkah-langkah model pembelajaran example non example dibantu dengan media poster materi sistem pernapasan manusia; 3) Hasil belajar peserta didik sesudah diterapkan model pembelajaran example non example dibantu dengan media poster materi sistem pernapasan manusia; 4) Peningkatan sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran example non example dibantu dengan media poster materi sistem pernapasan manusia kelas V di SDN 34 pontianak Kota Tahun Pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian bertempat di SDN 34 Pontianak Kota dengan sumber data adalah peserta didik kelas VB. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa lembar soal pilihan ganda, lembar observasi, lembar kelengkapan dokumen. Analisis data berupa analisis persentase dan mean.
Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik sebelum diterapkan model pembelajaran example non example dibantu dengan media poster. Adapun hasil belajar yang diperoleh peserta didik dengan nilai rata-rata 58,6. Peserta didik yang dinyatakan tuntas 9 orang atau 30% sedangkan peserta didik yang tidak tuntas sebesar 21 orang atau setara dengan 70%; 2) Penerapan model pembelajaran example non example dibantu dengan media poster. Penelitian ini dilakukan II siklus, adapun ferleksi dari siklus I diperbaiki pada siklus II. Berdasarkan hasil observasi pada siklus I ialah 15 langkah-langkah pembelajaran yang terlaksana atau setara dengan 83,3% sedangkan siklus II, ada 17 langkah-langkah pembelajaran yang terlaksana setara dengan 94,4%. ; 3) Hasil belajar peserta didik sesudah diterapkan model pembelajaran example non example dibantu dengan media poster pada siklus I dengan nilai rata-rata 68,6 atau 70% peserta didik yang tuntas dan siklus II dengan nilai rata-rata 85,3 atau 96,6% peserta didik yang tuntas; 4) Terdapat peningkatan dari sebelum ke sesudah diterapkan model pembelajaran example non example dibantu dengan media poster. Peningkatan hasil belajar dari sebelum diterapkan model pembelajaran ke siklus I ialah (10), dari siklus I ke siklus II (16,7). Secara keseluruhan dari sebelum diterapkan model pembelajaran ke siklus II mengalami peningkatan (26,7).