Abstract:
HADI SEPTIADI, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Berbantuan Media Tiga Dimensi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik pada Materi Bangun Ruang di Kelas VD SDN 34 Pontianak Kota Tahun Pelajaran 2023/2024: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai: 1) Hasil belajar peserta didik sebelum menerapkan model kooperatif tipe pair check berbantuan media tiga dimensi materi bangun ruang balok dan kubus; 2) Penerapan model kooperatif tipe pair check berbantuan media tiga dimensi materi bangun ruang balok dan kubus; 3) Hasil belajar peserta didik setelah menerapkan model kooperatif tipe pair check berbantuan media tiga dimensi materi bangun ruang balok dan kubus; dan 4) Peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkam model pembelajaran kooperatif tipe pair check berbantuan media tiga dimensi materi bangun ruang balok dan kubus di kelas VD SDN 34 Pontianak Kota tahun pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian bertempat di SD Negeri 34 Pontianak Kota dengan sumber data adalah peserta didik kelas VD yang berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa lembar soal pilihan ganda, lembar observasi, lembar kelengkapan dokumen dan mechanical device. Analisis data menggunakan perhitungan statistik deskriptif.
Berdasarkan analisis yang dilakukan maka peneliti memyimpulkan bahwa:1) Hasil belajar peserta didik sebelum menerapkan model kooperatif tipe pair check berbantuan media tiga dimensi materi bangun ruang balok dan kubus kelas VD pada prasiklus adalah 43,3% peserta didik yang tuntas sedangkan peserta didik yang tidak tuntas sebesar 56,7% dengan nilai rata-rata 60,3; 2) Penerapan model kooperatif tipe pair check dengan media tiga dimensi materi bangun ruang balok dan kubus peserta didik kelas VD pada siklus I dapat terlaksana 81,25% dan siklus II terlaksana 93,75% dari langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan; 3) Hasil belajar peserta didik setelah menerapkan model kooperatif tipe pair check berbantuan media tiga dimensi materi bangun ruang balok dan kubus kelas VD pada siklus I adalah 67% peserta didik mencapai nilai tuntas dengan nilai rata-rata 76 dan siklus II adalah 90% peserta didik yang mencapai nilai tuntas dengan nilai rata-rata 85; dan 4) Peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menerapkan model kooperatif tipe pair check berbantuan media tiga dimensi materi bangun ruang balok da kubus kelas VD dari siklus I ke Siklus II mengalami peningkatan sebesar 23% ketuntasan dan peningkatan nilai rata-rata sebesar 9.